LOGAS, GORIAU.COM - Sebanyak 200 orang lebih dari berbagai elemen masyarakat membaur bersama untuk bergotong royong membangun sekolah Madrasah Tsnawiyah (MTs) Nahdhatul Wathan Desa Perhentian Luar, Kamis (20/11), Kecamatan Logas Tanah Darat (LTD), Kuantan Singingi.

Gotong royong membangun 1 unit dengan 3 lokal sekolah ini mendapat dukungan dari PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dan dipimpin langsung oleh Camat LTD, Novrion, S.Sos. Sebanyak 50 orang lebih karyawan bergabung bersama seratusan lebih masyarakat, pihak Polsek LTD, Koramil, dan unsur pimpinan kecamatan lainnya.

Camat LTD, Novrion, S.Sos mengatakan sasaran dari kegiatan gotong royong yang dilaksanakan ini untuk membangun MTs Nahdhaul Wathan sebagai satu-satunya Madrasah yang ada di 8 desa di Kecamatan LTD. Diharapkan dengan dukungan berbagai pihak termasuk perusahaan, madrasah tersebut secara bertahap dapat dimanfaatkan di awal tahun 2015 mendatang untuk proses kegiatan belajar mengajar.

''Sebelumnya panitia pembangunan mengusulkan kepada pihak perusahaan (RAPP.red) untuk bersama-sama mewujudkan gedung baru MTs ini, dan alhamdulillah kali ini sudah bisa terwujud. Selain bantuan material, yang luar biasa ini juga dukungan personil karyawannya, termasuk dari pihak Danramil, Polsek dan upika setempat,'' ujarnya.

Camat mengharapkan agar kerjasama tersebut dapat terus berlanjut secara berkesinambungan dan meningkatkan komunikasi guna menghindari adanya kesalahpahaman ke depannya.

Sementara itu, Estate Manajer RAPP Baserah, Affandi mengatakan bantuan yang diberikan merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap masyarakat yang disampaikan melalui Camat. Keberadaan RAPP di Kuantan Singingi, dikatakan Affandi, bisa menjadi seiring dan sejalan serta berkomunikasi dengan baik.

''Kami atas manajemen merasa sangat tersanjung karena tingginya partisipasi dari berbagai pihak, seperti dari Koramil, Polsek, pihak UPTD dan Kecamatan, serta masyarakat yang jumlahnya mencapai ratusan orang. Mungkin apa yang kita bantu ini belum seberapa, tapi niat kami sebenarnya ingin membangun bersama masyarakat,'' kata Affandi.

Kegiatan gotong-royong tersebut diisi dengan melanjutkan pembangunan gedung madrasah yang sudah diawali berupa pondasi, tiang dan sebagian dinding. Masyarakat bersama-sama karyawan dan aparat TNI/Polri membaur untuk mengerjakan atap, dinding, hingga ke tahap pengecoran. Selain itu juga dilakukan penanaman pohon tanaman buah dan eucalyptus. Melalui program Community Development (CD), RAPP menyalurkan bantuan berupa 100 sak semen, 8 kodi seng, 150 Kg cat dan sejumlah keperluan untuk pembangunan lainnya. Guna memudahkan akses jalan desa, RAPP juga mengerahkan alat beratnya untuk memperbaiki jalan desa sepanjang 4 km.

Turut bergabung dalam gotong royong bersama itu, Danramil Kapten ARH. Jupri, Kapolsek AKP Candra, Sekretaris Camat John Pitte Alsi, S.IP, Kepala UPTD, Kepala Desa dan BPD se-Kecamatan LTD, hadir juga dari RAPP, Regional Koordinator CD, Mahmud Hasyim, Emisba Dt. Bagindo Ratu, Sugiono, Maswir, dan Ahmad Yani serta 52 orang karyawan lainnya. (rls)