TELUKKUANTAN, GORIAU.COM - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) H. Sukarmis mengharapkan pelaksanaan iven pacu jalur tradisional di Tepian Lubuok Sobae Baserah, Kecamatan Kuantan Hilir berjalan dengan lancar, tanpa ada satupun kendala.

"Harapan kita, pacu jalur ditepian Lubuok Sobae bisa terselenggara dengan aman dan lancar," ujar Sukarmis, Sabtu (15/8/2015) siang.

Ia mengapresiasi masyarakat Kuantan Hilir yang sangat antusias dalam melestarikan budaya pacu jalur.

"Meskipun bukan rayon, masyarakat Kuantan Hilir bahu membahu untuk menyelenggarakan kegiatan ini," ujar Sukarmis.

Untuk itu, ia mengajak seluruh peserta agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan, ciptakan persaingan yang sehat antar sesama. "Ciptakan kompetisi yang baik."

"Pacu jalur harus bisa meningkatkan tali silaturahmi antar sesama masyarakat Kuansing," tambah Sukarmis. Ia mengingatkan masyarakat agar tidak berbuat kerusuhan seperti beberapa waktu lalu di Rayon IV Sentajo Raya.

Untuk diketahui, iven pacu jalur di Tepian Lubuok Sobae Baserah diikuti 63 jalur. Tidak hanya dari Kuansing, tapi jalur dari Indragiri Hulu (Inhu) juga berpartisipasi. Memasuki hari kedua ini, tinggal 32 jalur dan akan berpacu dalam 16 kali hilir.

Berdasarkan informasi panitia, pada hari ini akan dilaksanakan dua kali putaran. Putaran kedua akan diikuti 16 jalur, sehingga menyisakan 8 jalur untuk masuk ke hari ketiga.(***)