TELUK KUANTAN, GORIAU.COM - Buaya raksasa munculnya di Sungai Kuantan, sekitar arena pacu jalur, tepian Datuak Simambang Rajo Nan Putiah, Pl. Komang Sentajo, Kecamatan Sentajo Raya, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Kejadian ini mengundang warga berbondong-bondong ingin melihat langsung buaya yang berukuran besar tersebut.

Buaya dengan lebar satu meter lebih itu berwarna hitam dan kuning keemasan. Warga mengaku kerap melihat hewan-hewan itu berkeliaran di lokasi yang dijadikan tempat bersantai oleh warga. Karena itu, sejak kehadiran buaya itu, warga pun resah.

Kepada GoRiau.com, Selasa (15/10/2013) sore, Dede Febrican (25), warga setempat, mengaku kerap melihat buaya yang belum diketahui asalnya itu. ''Yang kami khawatirkan karena di sekitar sini juga banyak anak-anak. Takutnya melukai warga sekitar,'' katanya.

Dijelaskan, buaya yang paling sering muncul adalah yang berukuran paling besar dan berwarna hitam. ''Biasanya pagi hari. Meski tidak naik ke daratan dan hanya berputar-putar di tepi Kuantan, itu tetap membuat kami khawatir,'' ujarnya.

Caca (17), warga lain, mengaku bahwa warga masih diam dan tidak ada yang melapor. ''Hingga sekarang, buaya yang sering muncul hanya menjadi tontonan warga sekitar,'' ungkapnya.

Selasa sore tadi, warga juga kembali berbondong-bondong melihat kejadian langka ini. ''Kami tetap berharap ada upaya penangkapan yang dilakukan petugas agar warga tidak menjadi korban esok hari,'' himbaunya. ***