TELUK KUANTAN, GORIAU.COM - 146 jalur akan bertempur untuk memperebutkan piala bergilir Bupati Sukarmis pada ajang Pacu Jalur tradisional di tepian Narosa Teluk Kuantan. Pacu Jalur Nasional tahun 2014 akan diselenggarakan mulai Kamis sampai dengan Minggu (21-24/8/2014).

Dimana dari jumlah jalur yang ikut tahun ini,  didominasi jalur dari Kecamatan Kuantan Tengah 27 jalur, kemudian Kabupaten Inhu 19 jalur, Benai 16 jalur, Gunung Toar 15 jalur, Pangean dan Kuantan Mudik masing-masing 14 jalur, Inuman 10 jalur, Kuantan Hilir 7 jalur, Kuantan Hilir Seberang 8 jalur, Sentajo Raya 6 jalur, Hulu Kuantan 4 jalur. Selanjutnya ada dari Kabupaten Rohil 1 jalur, begitu juga Kecamatan Pucuk Rantau, Logas Tanah Darat, Cerenti, Singingi Hilir dan Singingi masing-masing mengikutsertakan satu jalur.

Dimana dari hasil pencabutan undian lawan yang dilaksanakan di gedung Narosa Teluk Kuantan Rabu (20/8) akan ada 73 kali hilir yang akan dilepas.

Acara pencabutan undian dibuka langsung Sekda Muharman didampingi Kepala Dinas Bina Marga yang juga Ketua seksi gelanggang Azwan, Kabag Hukum Irwan Nazif dan Asisten I Erlianto yang dihadiri 146 perwakilan jalur yang ikut serta pada ajang pacu jalur tradisional tahun 2014 ini.

Pada hari pertama pacu jalur yang dimulai Kamis (21/8), sejumlah jalur unggulan banyak yang bertemu lawan sepadan, seperti jalur Puti Mandi Mayang Taurai desa Rantau Sialang Kuantan Mudik yang merupakan sang jawara di Tepian Narosa beberapa tahun silam langsung bertemu dengan jalur sang jawara dari Kecamatan Pangean yakni jalur Ombak Nyalo Simutu Olang desa Pulau Tengah berada dihilir ke-7.

Kemudian jalur sang jawara tahun 2013 lalu di Tepian Narosa Untuang Betuah desa Danau Baru Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Inhu akan berhadapan dengan jalur Garuda Baru desa Pulau Mungkur Gunung Toar.

Yang tak kalah menarik jalur tiga kali juara rayon yakni jalur Meriam Onggang Parau desa Kepala Pulau Kuantan Hilir akan berhadapan dengan jalur Pandan Baiduri Rengat Inhu. Sementara jalur Ngiang Kuantan desa Kampung Baru akan berhadapan dengan jalur Tua Putra Dewa Rengat Inhu.

Kemudian jalur Pulau Laghe Mandulang Untuang desa Pulau Madinah Kuantan Hilir yang merupakan jawara di tepian Lubuak Sobae Baserah pada pacu jalur Rayon lalu akan berhadapan dengan jalur Pendekar Kuantan desa Ujung Tanjung Benai.(fer)