TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Demi mengetahui langsung masalah kesehatan yang diderita masyarakat di suatu daerah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, Dr Hj Alvi Furwanti Alwie turun langsung ke lapangan, Jumat (29/5/2015).

Didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK), dr Saut Pakpahan, Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes), Asiah serta Kepala Sub Bagian (Kasubag) Keuangan dan Perlengkapan, Feri Irawan, rombongan menuju daerah pesisir menggunakan speedboad sekitar pukul 08.30 WIB.

Daerah yang menjadi sasaran kali ini adalah Kecamatan Concong, dimana sebagian besar penduduk di sana adalah masyarakat suku duano (laut), yang pekerjaannya adalah sebagai nelayan.

Setelah lebih kurang 1 jam menyusuri sungai indragiri hingga masuk ke kuala selat, rombongan akhirnya tiba ke tempat yang dituju dan disambut langsung oleh Kepala UPT Puskesmas Concong, Rudiyanto.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/30052015/2bjpg-2295.jpg‎Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, DR Alvi Hj Alvi Furwanti Alwie ketika menyusuri jerambah papan di Concong Luar, Kecamatan Concong.Setiba di sana, rombongan langsung menuju UGD 24 jam, dan memeriksa satu persatu ruangan dan pasien yang tengah dirawat di UGD tersebut.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke Puskesmas yang baru selesai dibangun, yang terletak tepat di samping UGD 24 jam.

Dan usai melihat-lihat keadaan puskesmas itu, Alvi kemudian mengumpulkan seluruh Dokter, Perawat hingga Bidan yang bertugas di Kecamatan Concong.

Selain untuk melihat jumlah layanan di Puskesmas, dikumpulkannya para tenaga kesehatan itu juga untuk memberikan penguatan kepada para medis agar selalu maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

''Setelah kita lihat data kunjungan ke Puskesmas, sebagian besar masalah kesehatan yang diderita masyarakat suku duano adalah darah tinggi dan jantung,'' beber Alvi kepada GoRiau.com, usai memimpin rapat.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/30052015/1bjpg-2294.jpg‎Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, DR Alvi Hj Alvi Furwanti Alwie saat memimpin rapat bersama para tenaga kesehatan di Puskesmas Kecamatan Concong.Oleh sebab itulah, dikatakan Mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah ini, seluruh tenaga kesehatan di Concong harus terus siap siaga dengan penyakit yang paling dominan terjadi itu.

''Pesan saya kepada mereka (tenaga kesehatan), agar selalu sabar dalam menghadapi pasien, selalu berikan yang terbaik, yang penting masyarakat yang membutuhkan kesehatan, terlayani dengan baik,'' pesan Alvi.

Selain itu, ia juga menginstruksikan kepada para tenaga medis untuk tetap memberikan pemahaman kepada masyarakat, tentang bagaimana menjaga kesehatan yang baik dan benar.

''Melalui penyuluhan-penyuluhan, atau bisa juga ketika masyarakat lagi kumpul-kumpul, kita ikut gabung. Berikan pemahaman kepada mereka, bagaimana caranya hidup bersih dan sehat,'' tukas Alvi Furwanti Alwie.(ayu)