PEKANBARU, GORIAU.COM - Pada musim panas saat ini, musibah kebakaran kerap melanda baik rumah, kendaraan hingga lahan milik kita. Dampaknya yang luas sangat merugikan bagi kita dan lingkungan. Sekarang tak perlu merogoh kantong lebih dalam untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Pertama di Indonesia, cukup dengan FireBlock yang berkerja dengan praktis dan otomatis.

FireBlock berbentuk tabung plastik kecil yang berisi air dan Flourocarbon Surfactant. FireBlock dapat memadamkan api dalam ruangan seluas dua meter persegi hanya dalam waktu 7 detik sedangkan tabung pemadam kebakaran membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit.

Menurut Syamsul Bahri, distributor FireBlock wilayah Riau, perangkat ini sangat efisien dibanding tabung pemadam kebakaran yang konvensional. FireBlock sangat mudah dan ringan hanya 1 kg, bebas perawatan, tidak perlu dioperasikan karena bekerja otomatis, ramah lingkungan dan tidak mengandung bahan beracun yang berbahaya untuk kesehatan tubuh.

''FireBlock memberikan perlindungan terhadap kebakaran selama 24 jam tanpa pengoperasian manual,'' kata Syamsul Bahri menjelaskan keunggulan produk ini, Selasa (4/8/2015).

Cara kerjanya cukup sederhana, FireBlock cukup diletakkan di tempat-tempat yang gampang memicu api seperti tabung gas, kompor dan panel listrik. Jika ada lidah api yang mengenainya, maka perangkat itu akan secara otomatis mengeluarkan foam. Meskipun suhu ruangan panas, FireBlock tidak akan meledak jika tidak tersulut lidah api.

"FireBlock mengikat oksigen sehingga oksigen pada titik api tidak memadai atau api mati. FireBlock bekerja mengontrol tiga faktor yang dapat menyebabkan kebakaran yaitu oksigen, bahan bakar dan api," lanjutnya.

Untuk melihat cara kerja alat ini, silakan membuka laman website Youtube.com dengan mencari nama FireBlock. FireBlock dibagi dua jenis yaitu FireBlock MCW/P1 dan MCW/P4. FireBlock MCW/P1 memiliki kapasitas 1 liter dengan luas pemadaman 2 meter dan FireBlock MCW/P4 memiliki kapasitas 4 liter dengan luas pemadaman 7 meter. Masa berlaku FireBlock hingga enam tahun. FireBlock MCW/P1 dijual Rp886.000 dan FireBlock MCW/P4 dijual senilai Rp1.920.000.

Jadi buat apa mikir panjang, dari pada rugi berlebihan akibat kebakaran yang tidak kita ketahui kapan akan terjadi, lebih baik bersiap dengan benda ini. FireBlock sangat cocok untuk keamanan rumah, mobil, perkantoran hingga perkebunan. Alat ini terjangkau untuk semua kalangan, mulai dari pengusaha perusahaan besar hingga masyarakat biasa.

Untuk pemesanan atau sekedar konsultasi tentang alat ini, hanya satu-satunya distributor wilayah Riau, hubungi CV. Pancaindra Bakti di Jalan Delima Nomor 99 Pekanbaru Telp/Faks 0761-8416164 atau Tribakti 085364616105 dan Syamsul Bahri 0812-7686-808. Pemesanan luar Kota Pekanbaru, hanya perlu menambah ongkos pengiriman. Mulailah dari sekarang, cegah kebakaran meluas.(rul)