BENGKALIS, GORIAU.COM - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bengkalis turut ambil bagian pada Bengkalis Expo 2015 yang resmi dibuka Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh di Lapangan Pasir Andam Dewi Bengkalis, Rabu (29/7/2015). Agenda rutin setiap tahunnya ini juga bersempena menyambut Hari Jadi Bengkalis ke-503.

Pantauan di lokasi, tidak semua SKPD yang ikut ambil bagian pada acara Bengkalis Expo ini. Data sementara, hanya ada 29 SKPD yang ikut berpartisipasi, salah satunya adalah Bappeda. Mengambil posisi berhadap-hadapan dengan Dinas PU, stand Bappeda tergolong mudah untuk ditemukan, karena tulisan “BAPPEDA” terpampang dengan jelas di atas stand, berukuran besar dan warna warni.

Melihat ke dalam, stand Bappeda berisikan peta dan data yang berisikan informasi seputar tugas pokok dan fungsi Bappeda. Seperti bagan alir jadwal dan tahapan proses perencanaan dan penganggaran, informasi capaian akses pendidikan, kesehatan, pembangunan ekonomi kerakyatan dan lain-lain. Informasi lainnya berupa peta kawasan strategis (draft) dan peta pola ruang (draft) Kabupaten Bengkalis dengan mengacu kepada Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bengkalis Tahun 2014 – 2034.

Pada kegiatan pembukaan Bengkalis Expo 2015 ini, Bappeda tampil “all out”. Tidak hanya Kepala Bappeda, H Jondi Indra Bustian, para staf Bappeda pun tampak hadir dengan pakaian seragam batik. Sebut saja misalnya Sekretaris Bappeda H Imam Hakim, Kabid SDM Sarana dan Prasarana Aparatur Erri Ibrahim, Kasubag Penyusunan Program dan Monitoring Rinto, Kasubag Tata Usaha H Suratman, Kasubid Investasi Industri Perdagangan dan Pariwisata Syarifuddin, Kasubid SDM Aparatur Juminanin Hartatik dan lain-lain.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/30072015/bappeda2jp-2804.jpgKepala Bappeda Bengkalis, Jondi Indra Bustian (baju Melayu) bersama Sekretaris Bappeda Imam Hakim (kiri pakai peci), Kabid SDM, Sarana dan Prasarana Aparatur Erry Ibrahim dan staf.Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh saat meninjau stand Bappeda tampak tersenyum puas. Didampingi Kepala Bappeda, Bupati melihat satu per satu peta-peta dan data lainnya yang dipajang di stand Bappeda. Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyarankan agar informasi seputar capaian program pembangunan di berbagai bidang dibuat dalam bentuk brosur.

Selain Bupati beserta istri, tampak ikut meninjau stand Bappeda, Ketua DPRD Bengkalis H Heru Wahyudi beserta istri, Ketua Riau Tourisme Board H Fadlah Sulaiman, Staf Ahli Hj Umi Kalsum dan para pimpinan SKPD lainnya.

Dampak Positif

Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh dalam sambutannya saat acara pembukaan Bengkalis Expo 2015 mengatakan pelaksanaan Bengkalis Expo tahun ini merupakan yang kedua setelah kegiatan serupa di Duri. Kegiatan ini dilaksanakan karena memberikan dampak yang sangat positif, terutama dalam menyampaikan pesan-pesan pembangunan. "Bengkalis Expo ini diikuti oleh seluruh SKPD dengan harapan ada transfer informasi yang berdampak positif bagi pembangunan Kabupaten Bengkalis," ujar Herliyan.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/30072015/bappeda3jp-2803.jpgStand Bappeda di Bengkalis Expo 2015.Dikatakan, Bengkalis Expo selain sarana hiburan juga ajang pemberdayaan ekonomi masyarakat. Perputaran uang selama acara berlangsung sangat besar yang berdampak kepada peningkatan ekonomi masyarakat.

Acara pembukaan Bengkalis Expo ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Hj Romaini dan dilanjutkan dengan peninjauan stand oleh Bupati. ***