PEKANBARU, GORIAU.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI berencana membangun Sekolah Penerbangan di Japura, Rengat, Indragiri Hulu (Inhu), Riau pada 2015 ini. Sekaligus memaksimalkan keberadaan bandara tersebut yang selama ini jarang difungsikan.

"Banyak kerjasama yang kita lakukan dengan Kementerian Perhubungan, namun realisasi dalam waktu dekat adalah Sekolah Penerbangan di Japura," kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman.

Mengenai anggaran sendiri, ditegaskan Andi Rachman (sapaan akrabnya) menjelaskan, bahwa seluruh ditanggung oleh Pusat. Karena memang kegiatan sekolah penerbangan merupakan program Kementerian Perhubungan.

"Itu ditanggung Pusat. Kita hanya menjadi penyelenggara. Karena selain bandara yang kita itu punya itu kurang maksimal, dengan adanya sekolah penerbangan ini, juga memberikan kesempatan kepada puta-putri terbaik Riau untuk ikut dalam pendidikannya," ujar Andi Rachman.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Riau, Adizar mengatakan, mengenai waktu pendaftaran, pihaknya masih berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan.

"Kita berharap sekolah penerbangan ini bisa menyedot putra-putri daerah kita untuk ikut dalam pendidikannya. Kita juga belum tahu pasti berapa kuota penerimaan untuk Riau pada tahun ini," pungkas Adizar.***