SELATPANJANG, GORIAU.COM - Meski tingkat kehadiran dalam mengikuti Ujian Nasional (UN) tahun 2015 ini di Kepulauan Meranti tidak mencapai 100 persen, namun tidak ada ujian susulan. Tahun ini tingkat kehadiran siswa mengikuti UN hanya 98.8 persen (dari 2.693 siswa/i SMA sederajat), sedangkan 1.2 persen tidak mengikuti karena berbagai alasan.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kepulauan Meranti M Arif, melalui Kabid Dikmen Suandi, kepada GoRiau, Sabtu (18/4/2015) mengatakan bahwa untuk tahun ini tingkat kehadiran siswa mengikuti UN hanya 98.8 persen, sedangkan yang tidak ikut mencapai 1.2 persen.
"Memang tidak sampai 100 persen siswa kita yang mengikuti UN tahun ini," kata Suandi.
Disampaikan Suandi lagi, meski tidak semua siswa mengikuti UN, namun Suandi memastikan tidak ada ujian susulan di Kepulauan Meranti. Pasalnya, 1.2 persen siswa yang tidak ikut UN tahun ini merupakan siswa yang tahun kemarin tidak lulus UN. Mereka ada yang sudah lulus di ujian Paket C, dan ada pula yang memang tidak ingin ikut UN lagi.
"Mereka yang tidak lulus tahun kemarin namanya masih masuk ke daftar yang akan mengikuti UN tahun ini. Rupanya ada sebagian mereka sudah lulus di ujian Paket C namun mereka tidak melapor ke sekolah maupun dinas. Lalu, ada sebagian siswa yang kemarin tak lulus tahun lalu, tidak ingin lagi ikut UN di tahun ini. Kalau siswa yang memang kelas 3 (tahun 2015 ini, red) alhamdulillah 100 persen ikut UN," kata Suandi menjelaskan.
Untuk hasil UN sendiri, disebutkan Suandi pula sudah sampai ke tingkat Provinsi Riau pada Jumat (17/4/2015) lalu.
Ketika ditanya apakah selama pelaksanaan UN di Meranti ditemukan kendala seperti beredarnya jawaban UN ataupun masalah yang lain, Suandi mengatakan tidak terjadi sama sekali di Kepulauan Meranti. Ia memastikan apapun hasil UN siswa di Meranti itu murni dikerjakan sendiri, tanpa mendapat bocoran jawaban seperti yang terjadi di kota lain. "Alhamdulillah UN di Meranti tidak ada masalah," kata Suandi lagi.
Dapat disampaikan pula, total siswa yang mengikuti UN 2015 untuk SMA sederajat sebanyak 2.693 siswa yang terdiri dari SMA jurusan IPA 614 siwa dan IPS 1.116 siwa dengan total 1.730 siswa. Untuk siswa MA  jurusan IPA 136  siswa dan jurusan IPS 296 siswa dengan  total 432 siswa. Sedangkan untuk SMK sebanyak 531 peserta.(zal)