SELATPANJANG, GORIAU.COM - Sekda Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs Iqaruddin MSi, mengajak kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Meranti untuk dapat meningkatkan wawasan dan perannya dalam mendukung program pembangunan di Kabupaten Meranti. Pernyataan itu dikatakannya saat menghadiri HUT PKK Ke-43 Tingkat Kabupaten Meranti, bertempat di Aula Afifa, Selatpanjang, Senin (2/4/2015).


Dikatakan Sekda, PKK bersama organisasi kewanitaan lainnya, merupakan organisasi yang sangat strategis dalam rangka memberikan pemberdayaan kepada masyarakat melalui kegiatan yang lebih kongkrit. Dan sesuai dengan kodratnya, yang paling tepat melaksanakan itu adalah para wanita. "Kader PKK dapat menjadi kekuatan pendorong ekonomi dengan sifatnya yang rajin, telaten dan sabar, keunggulan itu hanya ada didiri para ibu," ujar Sekda.
Dengan segala kelebihan yang dimiliki itu Sekda berharap, kader PKK bersama-sama masyarakat dan pemerintah turut membantu mensukseskan program Pemda melalui pemberdayakan masyarakat yang disinerjikan dengan potensi kearifan lokal, sehingga menghasilkan barang yang memiliki nilai ekonomi tinggi yang dapat menjadi sumber pendapatan keluarga, dalam menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
"Saat ini angka kimiskinan di Kabupaten Meranti mencapai 43 persen dan kantong terbesar berada di pedesaan mari perkuat kader PKK Desa agar perekonomian mereka terangkat," ajak Sekda.
Pemda sendiri melalui instansi terkait akan mendukung memasarkan produk unggulan dari masyarakat salah satunya melalui Badan Penanaman Modal dan Investasi.
Lebih jauh dikatakan Sekda, peran PKK dalam membina dan meningkatkan kesejahteraan keluarga harus lebih ditingkatkan sehingga apa yang diharapkan melahirkan generasi yang berkwalitas dapat diwujudkan. "Melahirkan generasi berkwalitas tentu harus diawali dengan keluarga yang berkwalitas dan PKK harus mampu memberikan pembinaan kepada masyarakat bagaimana mengelola keluarga yang baik,"ucap Sekda khususnya dari segi Iman dan Taqwa yang sudah mulai luntur di kalangan generasi muda.
Agar hal itu dapat dicapai para kader PKK juga harus meningkatkan kemampuan dan wawasan serta keteladanan kader dalam rangka mewujudkan keluarga yang berkwalitas.
Peran strategis PKK menurut Sekda, dapat diaplikasikan kesemua sektor sesuai dengan 4 Pilar PKK yakni mensukseskan kehidupan beragama, meningkatkan kwalitas pendidikan, kesehatan dan ekonomi masyarakat. Termasuk juga mendukung demokrasi di Kabupaten Meranti yang tak lama lagi akan menggelar pesta demokrasi pemilihan Kepala Daerah. "PKK juga dapat berperan dalam mensukseskan perpolitikan di Kabupaten Meranti, salah satunya meningkatkan jumlah pemilih," ujar Sekda.
Akhir kata ditegaskan Sekda, Pemerintah Kabupaten Meranti berkomitmen mendukung kegiatan gerak PKK Kabupaten Kepulauan Meranti, namun diingatkan kegiatan PKK jangan hanya sebatas seremonial tapi harus mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Meranti, karena untuk mewujudkan itu Pemda butuh dukungan dari semua pihak.
Sekedar informasi pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba yakni kategori Pidato Ketua Tim Penggerak PKK Desa Dimenangkan Kecamatan Rangsang Barat, Penyuluh BKB Kemas Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Penyuluh PAR Kecamatan Rangsang, Penyuluh Upaya Penurunan AKI Tebing Tinggi Timur, Desain Baju Kerja PKK Tebing Tinggi, Mars PKK Tebing Tinggi, Yel-Yel Rangsang Barat.
Hadir pada kesempatan itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Meranti Hj Nirwana, Kepala Badan/Dinas terkait, Kapolres Meranti, Perwakilan Kajari Selatpanjang, Kepala BPM Kabupaten Meranti, Kepala Kantor Imigrasi Selatpanjang,  Kadisdik, Camat, Kajari Selatpanjang, Polwan Polres Meranti serta Kader PKK Se-Kabupaten Meranti.(hms)