SELATPANJANG - Upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, berjalan sukses. Di sela kegiatan itu, juga dibarengi dengan pembagian beberapa penghargaan.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Ketua Dp Korpri Meranti yang juga selaku Sekdakab Kepulauan Meranti Drs Iqaruddin MSi. Upacara dihadiri pegawai, anak sekolah, paskibra, dan instansi vertikal.

Tema dalam Dirgahayu Korpri ke-44 tahun 2015 adalah dengan memperkokoh netralitas dan prosefesionalitas Korpri siap menyukseskan program nawacita melalui gerakan ayo kerja menuju terwujudnya kwalitas pelayanan publik dan kesehajteraan masyarakat.

Dalam sambutannya, Iqaruddin membacakan pidato Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo.

Pada HUT ke-44 Korpri ini, Jokowi meminta seluruh pegawai memperhatikan 5 amanat, diantaranya:

Pertama, lakukan percepatan reformasi birokrasi di semua tingkatan, lakukan reformasi birokrasi tanpa basa basi, cari terobosan serta cara-cara baru dengan menghindarkan business as usual.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/01122015/1jpg-3447.jpg

Kedua, bangun mentalitas baru yang positif, yang berintegritas, yang memiliki ethos kerja, dan yang berjiwa gotong royong.

Ketiga persiapkan diri menuju birokrasi yang dinamis, inovatif, dan responsif terhadap perkembangan zaman.

Keempat, jaga netralitas anggota Korpri dalam pesta demokrasi, khususnya Pemilukada yang akan digelar akhir tahun ini, dan jangan gunakan fasilitas pemerintah untuk kepentingan kampanye Pemilukada tersebut.

Kelima, semua aparatur birokrasi harus menjadi motor penggerak produktif nasional dan daya saing bangsa.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/01122015/2jpg-3446.jpg

Iqaruddin didampingi sekretaris Korpri H Arifuddin, ketika ditemui usai upacara mengatakan, sesuai yang disampaikan Presiden RI Jokowi, Ia menaruh harapan besar agar segenap Korpri konsisten melaksanakan amanat ini demi kejayaan bangsa dan negara menuju terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

Ditambahkan Iqaruddin, Jokowi juga bangga karena Korpri terus berusaha untuk menguatkan eksistensinya, terus meningkakan kompetensi dan kinerjanya dalam melayani masyarakat, hingga berusia 44 tahun. "Memang tidak mudah, namun Korpri harus bersungguh-sungguh mengusahakan hal tersebut agar membuahkan hasil," ujar Sekda lagi.

Dalam upacara itu, juga digelar serangkaian kegiatan lain, seperti pembagian bingkisan untuk juara MTQ Korpri Provinsi Riau, pembagian bantuan untuk keluarga Korpri yang telah meninggal dunia, dan pembagian penghargaan Satya Lencana untuk anggota Korpri yang sudah mengabdi selama 10, 20 dan 30 tahun.

Usai upacara, dilanjutkan dengan ziarah ke makam pahlawan untuk menggelar acara tabur bunga. ***