SELATPANJANG, GORIAU.COM - Pertengahan September 2015 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti mulai memasang Alat Peraga Kampanye (APK) untuk Pemilihan Kepala Daerah Merantit 2015. Titik-titik pemasanganpun telah ditentukan.


Kata Ketua KPU Meranti, Yusli SE, ketika ditemui di kantornya, Jalan Dorak Selatpanjang, Senin (31/8/2015) mengatakan saat ini APK tersebut sedang dicetak di Pekanbaru. Direncanakan dalam waktu dekat akan selesai dan segera dipasangkan.
"Alat peraga kampanye tanggungjawab KPU, sedangkan lokasi pemasangan pemda yang menentukan," kata Yusli.
Dijelaskan Yusli, APK yang dicetak KPU berupa baleho, umbul-umbul, dan spanduk.
Sedangkan jumlah APK yang harus dipasang adalah Spanduk 2 lembar per desa satu untuk satu pasangan calon. Umbul-umbul 20 lembar per pasangan calon untuk tiap kecamatan. Sedangkan Baleho hanya ada di kabupaten, yaitu 5 lembar untuk 1 pasangan calon.
Selain APK, KPU Meranti juga cetak bahan kampanye berupa Poster, Lifeleat, famplet, dan Slebaran. "Kalau bahan kampanye ini disebarkan oleh tim pasangan calon," tambahnya lagi.
Sementara itu, mengantisipasi adanya APK lain yang dicetak selain oleh KPU, Yusli mengatakan KPU telah menyiapkan tanda khusus. Hal itu, guna mengantisipasi adanya APK yang bukan produk KPU. "Produk dari kita ada tanda khusus. Itu rahasia," ujarnya lagi.
Sekedar informasi, untuk APK dan Bahan Kampanye ini, KPU Meranti menganggarkan Rp1.4 miliar.(zal)