SELATPANJANG, GORIAU.COM - Kabupaten Kepulauan Meranti mendapat prediket terbaik kedua daerah pemekaran tahun 2008 sampai tahun 2009 di Indonesia. Hal itu berdasarkan penilaian dari Direktorat Penataan Daerah Otsus dan DPOD Kementerian dalam negeri dengan indikator akserasi dan penetrasi pembangunan yang telah dijalankan sejak mekar.

Pembangunan itu pula rupanya telah membuahkan hasil. Hasil yang berupa penilaian dari Direktorat Penataan Daerah, Otsus dan DPOD Kementerian Dalam Negeri bahwa Kabupaten Kepulauan Meranti menjadi Kabupaten pemekaran Terbaik ke-2 se Indonesia Tahun 2014. Dalam evaluasi itu, dari 32 kabupaten/kota hasil pemekaran tahun 2008 sampai dengan 2009, Kepulauan Meranti mendapatkan poin 80,4 dimana hanya terpaut 0,01 poin dengan Kota Tanggerang Selatan di tempat pertama yang meraih poin 80,5.

Ini menjadi bukti bahwa, menjalankan roda pembangunan yang berorientasi pada inklusifitas atau berkeadilan untuk semua bidang memberikan dampak yang besar bagi pengelolaan manajemen tata kelola pemerintahan yang baik dan benar yang tak lain untuk kesejahteraan masyarakat.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/04072015/kepulauanm-2682.jpgKepulauan Meranti bergandengan dengan BI dalam mengembangkan Kluster Sagu.''Namun demikian, kita tidak boleh larut dalam eforia keberhasilan pembangunan. Masih banyak pekerjaan dan target yang harus dicapai. Dengan pelaksanaan konsistensi Pembangunan di Kabupaten Kepulauan Meranti, kita harus selalu mengacu pada prinsip-prinsip yang menekankan keseimbangan antara pertumbuhan (growth), pemerataan(developing) dan keberlanjutan (sustainabilty) dengan pendekatannya merujuk pada sasaran pembangunan nasional yaitu memacu pertumbuhan (pro growth), pengetasan kemiskinan(pro poor), membuka lapanagan kerja (pro job) dan keberpihakan kepada lingkungan dan keberlanjutannya (pro environtment),'' ajak Irwan.

Hasil tersebut menjadi kado terbaik diterima Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti yang sebentar lagi akan mengakhiri pemerintahan defenitif pertamanya. Bahkan dalam paripurna istimewa DPRD Kepulauan Meranti pada 19 Desember 2014 lalu dihadiri Direktur Jendral Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Prof Djohermansyah Djohan yang langsung memberikan penghargaan kepada Pemkab Meranti sebagai terbaik kedua sebagai daerah Pemekaran di Indonesia.

''Kepulauan Meranti ini sangat berhasil sebagai daerah Pemekaran. Kepulauan Meranti nantinya bisa menjadi daerah percontohan bagi seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia,'' ungkap Djohermansyah sat turun ke Meranti beberapa waktu lalu.

Kenapa Kepulauan Meranti lebih spesial dari daerah Pemekaran lainnya, bahkan dari Kota Tangerang Selatan yang dinobatkan menjadi yang terbaik, Dirjent Otda menilai secara letak geografisnya Kepulauan Meranti yang terdiri dari pulau-pulau itu perlu diakui sangat sulit untuk melanjalankan pemerintahan dan melakukan pembangunan. Namun PemkabMeranti mampu melaksanakannya dengan baik, bahkan terus menunjukkan grafik yang terus menanjak tajam.

''Secara geografis, Kepulauan Meranti sangat sulit untuk menjalankan pemerintahan dan melakukan pembangunan. Namun menghadapi itu, Pemerintah Kabupaten KepulauanMeranti sangat bisa menjalankan dan melaksanakannya dengan baik dan maksimal,'' sebutnya.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/04072015/kepulauanm-2681.jpgKepulauan Meranti meraih WTP tiga tahun berturut-turut.Menurutnya Keberhasilan itu bisa terwujud atas kerja keras Bupati dan jajarannya serta pihak DPRD. Dia juga berpesan agar berbagai upaya atas Pembangunan yang dilakukan oleh Pemkab Meranti dapat terus dilanjutkan dan diteruskan. Sehingga nantinya kesejahteraan masyarakat dapat tercipta.

''Catatan kemajuan di Meranti sangat signifikan. Apa yang dilakukan pemerintah harus dilanjutkan apalagi dengan tantangan yang besar kedepannya. Kami sangat konsen daerah baru. Kita harapkan Meranti bisa bertambah baik dan maju dikemudian hari,'' terang Dirjen Otda Kemendagri tersebut yang juga tidak lupa memberikan apresiasi kepada para pejuang Kepulauan Meranti yang telah memperjuangkan Pemekaran Kepulauan Meranti sebagai Kabupaten baru.

Prestasi dan penghargaan yang prestius dalam event-event nasional yang diraih Kepulauan Meranti:

1. Government Award dari Sindo Weekly Magazine2. Penghargaan dari PT PLN atas Kontribusi Pemerintah Daerah Dalam Elektrifikasi di Kabupaten Kepulauan Meranti.3. Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Menteri Keuangan RI tiga tahun berturut-turut yakni tahun 2012 dan tahun 2013 dan 2014.4. Achievement Award dan Penghargaan Wajar Tanpa Pengeculian.5. Pengahragaan Terbaik Satu Bidang Kreasi dan Inovasi dalam Apkasi International Trade an Investment Summit.6. Penghargaan Terbaik ke-3 Riau Invesment Award Tahun 2011 sebagai Kabupaten/Kota Terbaik di Provinsi Riau dalam Upaya Penciptaan Iklim Investasi yang Kondusif.7. Special Achievement Riau Invesment Award Tahun 2011 Kategori Komitmen dan Kebijakan Investasi.8. Juara II Otonomi Expo dan Forum 2012 JCC Kategori Edukatif9. Juara I The 8th International Indonesia Sumatra Indonesia Expo di Mega Mall Batam Kategori Produk Terbaik.10. Juara I Kategori Promosi Infrastruktur AITIS 2013.11. Juara Umum The 9th International Indonesia Sumatra Indonesia Expo di Mega Mall Batam Tahun 2013.12. Peringkat Terbaik II pada Riau Investment Award Tahun 2013.13. Peringkat Terbaik II pada Riau Investment Award Tahun 2013.14. Special Achievement Award Bidang Pengamanan Investasi pada Riau Investment Award Tahun 2013.15. Peringkat UMKM terbaik pada Riau Investment Award Tahun 2013.16. Penghargaan Program Keluarga Harapan Award Tahun 2014.17. Riau Investment Award Tahun 2014 untuk kategori Daerah Dengan Iklim Investasi Terbaik Riau.18. Varietas Sagu Selat Panjang Meranti Tahun 2013, sebagai upaya Pemerintah Daerah untuk memberikan Hak Paten atas varietas sagu Meranti.