SELATPANJANG, GORIAU.COM - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepulauan Meranti berencana akan membangun arena bermain gasing yang permanen. Ini sebagai bentuk apresiasi kepada tingginya minat masyarakat meranti dalam melestarikan permainan rakyat itu.

Demikian disampaikan Kepala Disparpora Kepulauan Meranti Drs Ishak Izrai ketika ditemui GoRiaucom, Jumat (29/5/2015).

"Saya berencana akan membangun arena permainan gasing yang permanen. Dilengkapi dengan tempat duduk penonton," kata Ishak.

Ishak menyampaikan, pembangunan arena bermain gasing yang permanen itu merupakan apresiasi bagi masyarakat Meranti yang hingga saat ini masih melestarikan permainan tradisional itu. Untuk itu pula, saat ini Disparpora tengah menjajaki dimana kira-kira pembangunan arena permainan gasing itu nantinya.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/29052015/gasing1jpg-2288.jpgKadisparpora Meranti Ishak Izrai saat melihat gasing yang sedang berputar."Ada beberapa tempat yang sudah kita datangi. Arena itu nantinya menjadi tempat berlangsungnya iven tahunan turnamen gasing," ujar Ishak pula.

Belum lama ini, telah digelar turnamen gasing perdana untuk tingkat kabupaten, di Desa Mekong Kecamatan Tebingtinggi Barat. Ratusan pecinta permainan tradisional itupun berkumpul dan saling menunjukkan keahlian. Gasing-gasing yang dimainkan pun beranega ragam dan warna. Gasing-gasing itu terlihat sangat indah.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/29052015/gasing3jpg-2287.jpg

Kadisparpora Meranti Ishak Izrai, AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi, dan H Jaafar saat memainkan gasing

Terlihat hadir saat turnamen gasing itu, Kapolres Kepulaulauan Meranti AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi, Ketua II KONI Meranti H Jaafar, dan beberapa pejabat lainnya. (zal)