PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tengah menyiapkan prosesi pelantikan Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Meranti yang akan dilaksanakan pada 30 Juli 2015 mendatang di Kota Pekanbaru.

Namun sejauh ini, SK pengangkatan Pj tersebut belum diterima Pemprov Riau. "Belum, kita juga sudah minta Badan Penghubung mengecek ke sana," kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman, Senin (27/7/2015) di Pekanbaru.

Namun menurutnya, SK tersebut akan segera diterbitkan dan disampaikan ke Pemprov Riau. Ditambah kata Andi, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tjahjo Kumolo sudah memberikan persetujuan secara lisan untuk rekomendasi 4 calon Pj Bupati/Walikota di Riau.

Seperti diketahui, Provinsi Riau akan melaksanakan Pilkada serentak untuk 9 kabupaten/kota pada Desember 2015 ini. Dari 9 tersebut, 4 kepala daerah diantaranya berakhir masa tugas pada 2015 ini.

Setiap provinsi diwajibkan mengusulkan penjabat yang akan mengisi kekosongan posisi tersebut jelang pemilihan kepala daerah yang baru.

Keempat daerah tersebut yakni Kepualaun Meranti yang masa jabatan berakhir tanggal 30 Juli 2015. Lalu, Indragiri Hulu (Inhu) berakhir 3 Agustus 2015. Kemudian pemilihan Bengkalis pada 5 Agustus 2015 dan Dumai pada12 Agustus 2015 mendatang.

Meski belum secara resmi diumumkan, namun 4 pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang akan menempati posisi Penjabat (Pj) 4 kepala daerah di Riau sudah mencuat.

Rata-rata diantaranya merupakan pejabat pimpinan tinggi pratama (eselon II) yang berlabel senior. Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, Kasiaruddin diprediksi menempati Pj Bupati Indragiri Hulu (Inhu).

Selanjutnya Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, Ahmadsyah Harrofie menjadi Pj Bupati Bengkalis. Asisten Administrasi Umum Edi Kusdarwanto menempati Pj Bupati Kepulauan Meranti.

Sementara satu lagi Pj Walikota Dumai diprediksi diisi Staf Ahli Bidang Pembangunan, Arlizman Agus. Plt Gubri sendiri hingga saat ini belum mau mengumumkan secara keempat nama yang akan Pj 4 kepala daerah jelang Pilkada serentak Desember 2015 ini.***