SELATPANJANG, GORIAU.COM - Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi menegaskan bahwa setiap daerah tidak dibenarkan mendatangkan qari dan qariah dari luar daerah Meranti untuk mengikuti setiap MTQ yang di gelar. Hal itu, guna menciptakan qari qariah terbaik dari daerah sendiri.


Demikian disampaikan H Irwan ketika memberikan sambutan pada saat pembukaan MTQ ke Vl tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti di Desa Bantar Kecamatan Rangsang Barat Kepulauan Meranti, Riau, Kamis (30/10/2014).
"Kita harus memaksimalkan qori dan qoriah dari dalam wilayah Kepulauan Meranti. Karena potensi qori dan qoriah daerah kita sangat banyak dan lebih baik. Selain itu sebagai upaya pembinaan juga kepada qori dan qoriah kita," kata Irwan.
H Irwan berharap, kedepannya Meranti bisa menjadi lumbung qari-qariah. Sebab, selain mendapat penilaian dari dewan juri yang sudah terlatih, qari-qariah asal Kepulauan Meranti sudah banyak yang mewakili Provinsi Riau untuk iven yang sama tingkat nasional.
"Tidak hanya Riau yang mengambil qari-qariah kita, Provinsi tetangga Kepulauan Riau pun pernah membawa qari-qariah kita untuk memperkuat daerah mereka. Kita ingin kedepannya Meranti jadi lumbuing qari-qariah," ujar orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu lagi.
Sementara itu, Kabid Penamas Kanwil Kemenag Riau, Drs H Irhas, yang juga hadir dalam pembukaan MTQ kemarin menyebutkan bahwa Kepulauan Meranti menjadi salah satu Kabupaten terbaik dalam menghasilkan qori dan qoriah. Hal itu bukan tanpa alasan beberapa kali qori dan qoriah asal Meranti berhasil menjadi juara nasional mewakili Provinsi Riau dalam MTQ tingkat nasional.
"Semenjak pindah dari Kabupaten induk Bengkalis, Kepulauan Meranti berhasil mengungguli Kabupaten Induknya seperti pada MTQ tingkat Provinsi di Rohul lalu," kata dia.
Tampak hadir dalam pembukaan juga, Wakil Bupati, Drs H Masrul Kasmy MSi, Sekda, Drs H Iqaruddin MSi, kapolres, AKBP Zahwani pandra ARsyad SH MSi, Pejabat eselon II, III dan IV dilingkungan Pemkab Meranti. Hadir juga seluruh Camat dan sejumlah Kades se- Kabupaten Kepulauan Meranti.
Kabag Kesra Setdakab Kepulauan Meranti, Rosdaner membeberkan MTQ tingkat kabupaten Kepulauan Meranti diikuti oleh qori dan qoriah 9 Kecamatan di kepulauan Meranti. Jumlah khafilah yang mengikuti yakni sebanyak 239 orang.
"Sementara untuk bazar kita siapkan sebanyak 40 stand yang diisi oleh seluruh SKPD," sebutnya.
Sedangkan untuk hiburan, panitia penyelenggara mendatangkan penyanyi religi Indonesia, Opick.(zal)