SELATPANJANG, GORIAU.COM - Pra CPNS yang kemarin lulus jalur umum di Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2013 saat ini sedang mengikuti orientasi di masing-masing SKPD. Orientasi ini dilaksanakan sampai SK CPNS keluar.


Kata Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs Iqaruddin MSi, ketika ditemui di kantornya, Rabu (16/7/2014) saat ini Pra CPNS itu sedang mengikuti pembekalan atau orientasi di masing-masing SKPD sesuai penempatan. Pembekalan itu guna dilakukan agar Pra CPNS itu mengetahui administrasi kantor, organisasi, arsip, dan mengenal tugas.
Kata Iqaruddin pula, Pra CPNS ini diminta untuk terus mengikuti pembekalan atau orientasi di masing-masing SKPD sampai SK CPNS nya keluar. Dengan orientasi ini, berguna untuk pengayaan terhadap kemampuan Pra CPNS, dengan harapan ketika mulai bekerja PNS itu tidak gamang lagi, dan sudah bisa cepat menyesuaikan diri.
"Kita minta mereka tetap mengikuti orientasi sampai SK nya keluar. Kalau saat ini mereka orientasi sampai tanggal 25 Juli, kemudian mereka pulang lebaran, habis lebaran kita panggil lagi untuk mengikuti orientasi sampai keluar SK," kata Iqaruddin.
Sementara itu, dengan mendapat tambahan tenaga baru dari CPNS jalur umum sekitar 345 orang ini di masing-masing SKPD, tambah Iqar tidak berdampak pada tenaga honorer yang ada di SKPD. Sebab, sebut Iqar pula, Meranti memang membutuhkan banyak tenaga untuk menjalankan roda pemerintahan di kabupaten termuda se Riau ini.
"Dengan adanya CPNS baru ini, tenaga honorer tidak terancam dipecat. Sepanjang honorer itu bisa bekerja dengan baik, disiplin, mengikuti ketentuan, saya fikir tidak ada masalah. Kita memang kekurangan tenaga, tinggal menyesuaikan saja lagi. Kita tidak menggeser honorer, CPNS yang baru ini kan sesuai dengan permintaan kemarin," ujarnya pula.(zal)