SELATPANJANG, GORIAU.COM - Mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Camat Tebingtinggi Timur (3T) Helfandi SE MSi, menginstruksikan seluruh kepala desa se Kecamatan 3T untuk mengantifkan Masyarakat Peduli Api (MPA). Selain itu, juga diminta untuk mempersiapkan peralatan pemadam kebakaran.


Selain menginstruksikan setiap kepala desa, lelaki yang akrab dipanggil Iin ini juga selalu mengimbau seluruh masyarakat untuk tidak membakar lahan saat memasuki musim kemarau seperti saat ini. Imbauan itu selalui disampaikan Iin saat menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di wilayah kerjanya.
"Selain jangan membakar lahan, kita minta juga saluran air yang mengarah ke laut agar diswadaya dulu untuk ditutup, supaya air selalu ada dan lahan gambut selalu basah," ujar Iin lagi.
Guna memaksimalkan penanganan ataupun antisipasi terjadinya karhutla ini, dalam waktu dekat pihak Kecamatan 3T dan Polsek Tebingtinggi serta minta dukungan PT NSP akan melakukan sosialisasi penanganan karhutla. Adapun yang menjadi pesertanya adalah Kades, MPA kecamatan dan MPA setiap desa.
"Insyaallah kita akan koordinasikan dulu dengan semua pihak supaya dalam waktu dekat sudah terlaksana. Disana nantinya dibahas bagaimana masalah penanganan karhutla, implikasi hukum dan lain sebagainya," tambah Iin.(zal)