BANGKINANG, GORIAU.COM - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan para Pegawai di Kantor Urusan Agama (KUA) terutama bagi pengelola Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah), Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar melalui seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) mengadakan acara bimbingan dan evaluasi Simkah, Selasa (25/11/2014) di Aula Mini Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar Drs H Fairus MA, didampingi Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Syari’ah (Kabid URAIS dan Syari’ah) Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Riau Drs Asmuni MA, dan Kasi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar Drs H Syafrizal Aziz, serta dihadiri oleh Seluruh Kepala KUA dan Pengelola Simkah se Kabupaten Kampar.

Dalam arahannya Fairus mengatakan, Pengelolaan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pernikahan yang sudah diterapkan oleh Ditjen Bimas Islam semakin banyak berperan dalam mewujudkan sistem perkantoran modern pada Kantor Urusan Agama.

Dalam perkembangannya aplikasi Simkah ini, banyak mendapat respon dari berbagai pihak. Baik tanggapan positif baik dari operator Simkah pada KUA (internal) maupun masyarakat umum (ekternal). Respon yang membangun ini sangat dibutuhkan oleh pengelola Simkah karena pada akhirnya menjadi bahan evaluasi kebijakan pengembangan sistem informasi nikah itu sendiri, jelas Fairus.

Lebih lanjut Fairus mengatakan, Dengan adanya bimbingan dan evaluasi Simkah ini, diharapkan kepada pengelola yang ditunjuk disetiap Kecamatan, hendaknya bisa mengoperasikan Simkah ini dengan tepat dan benar, sehingga nantinya akan mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan pernikahan dan mempermudah pemerintah dalam memantau peristiwa pernikahan.

Jika hal ini berjalan dengan baik, tentunya tidak ada lagi manipulasi data diri yang dilakukan, untuk melangsungkan pernikahan kedua dan seterusnya, sehingga lembaga perkawinan sebagai gerbang awal pembangunan bangsa bisa tejaga dengan baik sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama, pungkas Fairus. (rls)