KAMPAR - Air Sungai Kampar yang merendam Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar nyatanya tidak menyurutkan niat Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa untuk meninjau langsung lokasi banjir. Satu persatu rumah penduduk yang terendam ia susuri dengan berjalan kaki.

"Bagaimana kondisinya, sehat? Sudah berapa lama banjir?" sapa Khofifah.

Tak segan-segan Mensos RI tersebut menyeberangi genangan air untuk menjenguk warga di rumah mereka yang terendam banjir. Sembari menguluk salam, Khofifah menyalami warga serta memberikan bantuan berupa selimut, tikar, matras, baju dan paket sembako.

"Ini ada sedikit bantuan, ada selimut dan tikar semoga bermanfaat. Jaga kesehatannya ya buk," ungkap Khofifah seraya memeluk salahseorang nenek yang menjadi korban banjir, Sabtu (13/2/2016) di Kampar.

Pada kesempatan tersebut, Kemensos RI juga menyalurkan bantuan berupa paket logistik, satu unit sepeda motor trail, dan satu unit mobil dapur umum.

Sementara itu, Bupati Kampar, Jefri Noer melalui Asisten II Bagian Perekonomian Pembangunan dan Kesra Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar, Nukma Hakim kepada Mensos mengucapkan banyak-banyak terima kasih.

"Terima kasih buk atas bantuannya kepada kabupaten kami ini yang sedang dilanda musibah," ungkapnya.

Ia pun melaporkan bahwa selama banjir, bantuan terus mengalir dari berbagai pihak, kurang lebih ada 8,5 ton beras, 176 minuman kotak, telur 400 papan, paket sembako.

Asisten II Pemkab Kampar tersebut memaparkan bahwa setidaknya ada 35.116 warga yang menjadi korban banjir. Banjir menggenangi 96 sekolah, 69 rumah ibadah dan dari 16 kecamatan ada 74 desa yang terendam. ***