TAMBANG, GORIAU.COM - SMA Negeri 1 Tambang berhasil mencatatkan rekor nilai tertinggi sebagai peraih penghargaan Adiwiyata se Kabupaten Kampar 2015 dengan total skor 72,75. Dengan nilai tersebut, sekolah yang terletak di Desa Sungaipinang, Kecamatan Tambang ini optimis berhasil mencapai gelar tertinggi di bidang lingkungan untuk tingkat nasional.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 1 Tambang, Drs. Nasrial mengatakan, untuk mewujudkan cita-cita tersebut, pihak sekolah terus berbenah dalam bidang lingkungan dengan harapan kedepan sekolah ini mampu bersaing dan unggul dalam bidang prestasi.

"Alhamdulillah kami SMAN 1 Tambang berhasil meraih penghargaan tingkat Kabupaten Kampar, dan terakhir tingkat Provinsi Riau. Pencapaian ini membuat kami merasa optimis mendapat penghargaan tingkat nasional yang akan diumumkan pada Desember 2015 mendatang," kata Nasrial didampingi sejumlah staf ditemui GoRiau.com, Sabtu (30/5/2015).

Nasrial menjelaskan, keberhasilan SMAN 1 Tambang meraih Adiwiyata tidak terlepas dari kerjasama tenaga didik dan siswa serta lingkungan. Dengan motto LISAMBIL (Lihat Sampah Ambil), warga sekolah sangat peduli dalam usaha menjaga lingkungan bersih, asri dan nyaman.

Tidak hanya itu, untuk pendidikan lapangan, SMAN 1 Tambang juga mendirikan pojok taman, kebun hyroponix, budidaya lebah madu dan pengolahan limbah air wudhu menjadi kolam ikan. "Dalam keseharian, kami juga membiasakan siswa dan guru untuk peduli, misalnya hemat dalam penggunaan air," sambungnya.

Dalam hal lain, SMAN 1 Tambang saat ini juga tidak sekedar fokus pada lingkungan. Sekolah ini juga mencatatkan berbagai penghargaan, terutama dalam bidang olahraga.

Nasrial mengaku segala usaha yang dibangun tidak semata sebagai tujuan meraih penghargaan, tetapi lebih kepada membiasakan para siswa didik agar kelak dapat menularkan ilmu yang didapat kepada lingkungan keluarga dan masyarakat pada umumnya.(rul)