KAMPAR, GORIAU.COM - Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kuok berhasil menyingkirkan pesaingnya dibabak pinal SMKN 1 Bangkinang Kota pada lomba Tari Tradisional pada Festifal Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) tingkat Kabupaten Kampar pada Kamis malam 14/5.

"Akhirnya SMKN 1 Kuok berhak mewakili lomba Tari FL2SN Tingkat Provinsi Riau nantinya," kata Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kuok Nurna Ningsih,M.Pd usai perlombaan Tari Tradisional FL2SN tingkat SMK se-kabupaten Kabupaten di Lapangan kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kampar, Kamis malam (14/5/2015).

Lebih kanjut Ningsih menjelaskan bahwa SMKN 1 Kuok bisa mewakili Kampar natinya setelah bisa meraih juara usai mengalahkan pesaingnya SMKN 1 Bangkinang, sebab dalam FL2SN dan O2SN tingkat Kabupaten siapa yang juara maka dia yang akan mewakili FL2SN dan O2SN tingkat Provinsi, selanjutnya siapa yang juara tingkat Provinsi maka dia nantinya yang akan mewakili Riau ditingkat Nasional.

Kata Ningsih, Tari tradisional yang ditampilkan SMKN 1 Kuok pada lomba tersebut adalah tentang ''Baladang Padi'', alasan diangkatnya baladang padi sebab, dikuok sendiri saat ini masih luasnya hamparan sawah yang digarap masyarakat uyntuk bertanam pagi. Maka, hal ini perlu kita jaga dan terus kembangkan, apalagi saat ini kita ketahui bersama bahwa harga beras terus meningkat. Maka perlunya pengembangan sawah melalui tari tradisional sebagai promosi pada FL2SN kepada publik.

Sementara itu dalam bidang lomba Musik SMKN 1 Kuok juga masuk dalam babak pinal, Asef Gunawan selaku pelatih musik mengharapkan semoga SMKN 1 Kuok juga bisa juara dalam lomba Musik Tradisional FL2SN Tingkat Kabupaten Kampar. Agar SMKN 1 Kuok juga bisa mewakili Kampar pada FL2SN tingkat Provinsi dalam lomba Seni Musik Tradisional nantinya. (rls)