BANGKINANG, GORIAU.COM - Ribuan peserta pawai yang terdiri dari murid Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliyah (PDTA) se-Kabupaten Kampar meriahkan acara Pekan Olahraga dan Seni Diniyah (Porsadin) I Kampar, Kamis (20/11/2014) di Gedung Mahligai Bungsu Bangkinang Kota.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar Drs H Fairus MA, diwakili Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Muhammad Ali MSy, didampingi Ketua Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Kampar Mukhlis SPdI.

Dalam arahannya Ali mengucapkan terima kasih kepada para panitia pelaksana yang telah bersusah payah dalam membuat acara ini dengan sedemikian rupa, sehingga acara ini bisa berjalan dengan sukses dan lancar. ''Ini sungguh suatu hal yang sangat luar biasa. Karena, tanpa DIPA atau anggaran, acara ini tetap bisa berjalan, sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama,'' ujarnya.

Lebih lanjut Ali mengatakan, Porsadin merupakan yang pertama kali diadakan. untuk itu, perlu dukungansemua pihak demi tegaknya syi'ar Islam di bumi Serambi Mekkahnya Provinsi Riau gar acara ini bisa terus kita adakan setiap tahunnya dan lebih meriah lagi.

Sementara itu Ketua FKDT Kabupaten Kampar Mukhlis SPdI dalam acara tersebut mengatakan, acara Porsadin digelar selama 2 hari, Mulai hari Kamis (20/11/2014) sampai Jumat (21/11/2014). Acara ini diawali dengan pembukaan pawai. Rute perjalanan pawai ini, berkumpul atau berbaris di halaman Gedung Mahligai Bungsu, menuju Jalan Ahmad Yani, kemudian menuju Jalan Sisingamangaraja, kemudian menuju jalan D.I Panjaitan kemudian finish di halaman Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar.

Setelah acara pawai, akan dilanjutkan dengan pembukaan Porsadin oleh Bupati Kampar yang diwakili oleh Plh Sekda Kabupaten Kampar, kemudian acara perlombaan-perlombaan diantanya lomba pidato, MTQ cabang Tahfidz dan MTQ cabang Tilawah. Yang mana setiap cabang diikuti oleh setiap Kecamatan yang ada di Kab. Kampar. (rls)