BANGKINANG, GORIAU.COM - Pakar pertanian nasional Soemitro Arintadisastra menyarankan Pembina Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Ani Yudhoyono yang juga isteri mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono untuk berkunjung ke Kabupaten Kampar, Riau.

''Hal itu penting dan sangat baik karena program-program yang dijalankan Pemerintah Dearah Kampar sangat mengedepankan pembangunan SDM dan penuh kreativitas kerajinan berbagai sektor,'' kata Soemitro lewat pesan elektronik yang diterima, Kamis (9/4) malam.

Dr. Ir Soemitro Arintadisastra merupakan mantan Kepala Biro Perencanaan BP Bimas selama lima tahun (1989-1994) kemudian mantan Direktur Bina Program Tanaman Pangan dan Holtikultura selama lima tahun (1994-1997), Staf Ahli Menteri Pertanian (1997-2009) merangkap Komisaris PT Pertani (1995-2002).

Ia mengatakan, terlebih program di Kampar juga dijalankan oleh Bupati Jefry Noer yang memang merupakan kader tulen Partai Demokrat.

''Saya yakin, sebagai Pembina Dekranas, Ibu Ani pasti berkeinginan untuk meninjau daerah-daerah yang penuh kreativitas seperti Kampar. Kemudian sebagai icon partai, tentunya mempunyai rencana untuk membuat Partai Demokrat hebat lagi, dan hal itu harus dimulai dari sekarang,'' katanya.

Soemitro mengatakan, saat ini banyak kepala daerah baik itu bupati hingga gubernur yang berasal dari Partai Demokrat. Hanya saja, tidak semuanya memiliki konsistensi untuk membangun daerah yang dipimpinnya.

Dengan berkunjung ke Kampar, demikian Soemitro, maka akan ditemukan model agar para kepala daerah turut menerapkan program yang dilakukan di daerah itu.

''Semuanya ada di Kampar, baik itu model pembangunan, pertanian, pengembangan peran wanita. Dan yang paling penting, bupatinya berasal dari Partai Demokrat,'' katanya.

Untuk diketahui, saat ini Pemda Kampar mengedepankan Program Lima Pilar Pembangunan yakni meningkatkan akhlak dan moral masyarakat, peningkatan ekonomi masyarakat, peningkatkan sumber daya manusia, peningkatan kesehatan dan peningkatan infrastruktur.

''Lima pilar pembangunan itu bermuara pada Program 3 Zero, bebas dari kemiskinan, pengangguran dan rumah kumuh,'' demikian Bupati Kampar Jefry Noer dalam setiap kesempatan menjamu tamu-tamunya yang berkunjung ke kawasan Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Karya Nyata, Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kampar.

Di kawasan P4S, telah banyak program percontohan yang di jalankan. Selain itu, pemerintah setempat juga melakukan berbagai kegiatan pelatihan bagi masyarakat, mulai dari menjahit hingga pertanian, perikanan, dan pengelolaan limbah ternak. Tanpa menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). (rls)