PEKANBARU, GORIAU.COM - Meski konflik lima desa mulai memanas akibat adanya rencana kegiatan Mensos di Desa Tanah Datar dan pengerahan personil Satpol PP Rohul di lokasi, namun Biro Pemerintahan Pemprov Riau, tak ambil pusing. Pasalnya, masalah lima desa sudah diserahkan kepada Penjabat Gubernur Riau, Djohermansyah Djohan.

Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Riau, Guntur menjawab GoRiau.com, Senin (27/1/2014) mengatakan, persoalan ini sudah diserahkan sepenuhnya kepada PJ Gubernur Riau.

''Masalah ini sudah kita serahkan kepada Pj Gubernur Riau, jadi tanya sama beliau saja,'' katanya tanpa merinci seperti apa tanggungjawab Biro Pemerintahan sebagai bagian yang menetapkan dan membuat batas desa di perbatasan kabupaten.

Begitu pula saat ditanya, apakah selama proses penyelesaian diperbolehkan salah satu Pemkab mengadakan acara setingkat nasional, Guntur tetap tak bersedia menjawab apakah boleh atau tidak. ''Iya soal itu juga sudah diserahkan ke PJ Gubri,'' tambahnya.

Seperti diberitakan, konflik lima desa di Kampar dan Rokan Hulu kembali memanas karena adanya rencana Pemkab Kampar mengundang Menteri Sosial untuk sebuah kegiatan yang akan digelar pekan ini. Mendengar info itu, Rohul pun menyiagakan 120 persinil Satpol PP di lokasi.

Pengerahan personil dilakukan tadi pagi, sedikitnya 120 personil Satpol PP Rohul dan tiga Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) disiagakan Pemkab Rohul di Desa Tanah Datar, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rohul untuk melakukan pemantauan kegiatan pihak Pemkab Kampar yang mau mengambil alih kelima desa.

Kasat Pol PP Rohul Drs. Roy Roberto di Pasir Pangaraian, Senin (27/1/2014) mengatakan pihaknya akan terus melakukan pengamanan, sebab informasinya Kampar akan membuat kegiatan di Desa Tanah Datar. ''Jika tujuan untuk merusak persatuan dan kesatuan di Rohul akan ditertibkan,'' tegasnya.

"Saya tegaskan apapun bentuk aktifitas dan kegiatannya hendak merusak dan mengobok-obok Rohul akan kita tertibkan, kabarnya pihak Kampar mau datang ke Tanah Datar buat acara dengan mengundang menteri,'' ujar Roy.

Informasinya Desa Tanah Datar akan dikunjungi, Menteri Sosial, maka Satpol PP Rohul kini sudah siaga di kantor Camat Kunto Darussalam, Kelurahan Kota Lama.

Ketika dikonfirmasi dengan Warga Tanah Datar versi Kampar Darman membenarkan akan dilakukan kegiatan di sana dengan mendatangkan Kementeri Sosial (Kemensos) RI, rencananya datang, Rabu (29/1/2014).

''Iya pak rencananya mau bikin acara disini tapi yang datang itu dari Menteri Sosial pak,'' kata Darman. ***