BANGKINANG, GORIAU.COM - Program Pemerintah Kabupaten Kampar yang terus berupaya mencapai three zero yang dikenal dengan sebutan zero kemiskinan, zero pengangguran dan zero rumah-rumah kumuh dinilai sebuah terobosan luar biasa yang digagas Bupati Kampar Jefry Noer. Progam ini memiliki tujuan dan harapan yang besar untuk merubah perekonomian dan taraf hidup masyarakat ke arah yang lebih baik.

Agar program ini benar-benar bisa tercapai, maka satuan kerja perangkat daerah (SKPD) harus rajin turun ke lapangan memantau perkembangan terutama perkembangan alumni yang telah dibina di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Kubang Jaya, di Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

Menurut Ketua DPRD Kampar Ahmad Fikri, S.Ag yang diminta tanggapannya baru-baru ini menyebutkan, program dan kegiatan yang dilaksanakan juga perlu dibarengi dengan evaluasi rutin dari program itu. Kemudian dari evaluasi ini maka akan diketahui bidang mana saja yang perlu mendapat perbaikan, dan kebijakan apa yang perlu diambil setelah melakukan evaluasi itu.

"Programnya itu sudah pas tinggal bagaimana realisasi di lapangan, programnya harus terus dievaluasi, turun ke lapangan apa saja kendalanya, panggil pihak terkait, apa saja langkah-langkahnya kedepan," ujar Fikri.

Pria yang juga menjabat Ketua DPD II Partai Golkar Kampar ini tak memungkiri bahwa dari sekian banyak kegiatan, masih ada terdapat beberapa kendala maupun kelemahan di lapangan.

Salah satu hal yang terpenting juga menurut catatan Fikri, agar seluruh SKPD menyampaikan laporan sesuai fakta di lapangan kepada pimpinan dalam hal ini Bupati Kampar. Informasi yang disampaikan itu adalah informasi yang benar, artinya SKPD jangan hanya menyampaikan sisi-sisi yang bagus kemudian kendala di lapangan tidak disampaikan kepada atasan.

Dengan demikian apa saja yang menjadi kendala bisa diketahui dengan cepat dan itu akan memudahkan pimpinan untuk mengatasi kendala dan hambatan di lapangan agar program itu benar-benar berjalan dengan bagus.

Dikatakan, dari sisi peran anggota DPRD, jika suatu program tersebut perlu dilanjutkan maka DPRD siap untuk mendukung kelanjutannya. (wa)