PEKANBARU- Musim hujan yang mengguyur sejumlah wilayah di Riau, mengakibatkan beberapa daerah mengalami musibah banjir akibat luapan sungai. Seperti yang baru-baru ini terjadi di Kabupaten Kampar Riau.

Bukan hanya banjir, beberapa daerah juga tertimpa musibah longsor. Menurut data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger, sedikitnya ada 4 Kabupaten yang terimbas banjir dan longsor.

"Selain Kampar, ada empat Kabupaten yang mengalami musibah yakni Rokan Hulu, Indragiri Hilir, Rokan Hilir dan Bengkalis. Namun berdasarkan laporan tim di lapangan, khusunya Kampar, air sudah mulai surut dan bantuan logistik sudah kami salurkan melalui BPBD kampar," tutur Edwar kepada GoRiau.com, Minggu (17/01/2016) malam.

Pihaknya juga mengaku saat ini beberapa petugas dari BPBD Riau dan BPBD kampar masih terus memantau serta tetap waspada dalam mengantisipasi kemungkinan banjir kiriman.

Ketika ditanya soal bantuan untuk korban bencana, Edwar mengaku sudah beberapa tim yang mendistribusikan bantuan baik makanan maupun obat-obatan.

"Kita sudah memberikan bantuan terhadap korban musbah banjir berupa beras sebanyak 200 karung (10 kg), selimut 400 unit, sarden 300 karton dan indomi 350 karton," jelasnya.

Adapun Kabupaten yang lebih banyak mendapat bantuan adalah Kampar dan Rokan Hulu, dengan rincian indomi 75 karton, sarden 45 karton, beras 50 karung dan selimut 100 unit.

"Selain makanan kita juga sudah memberikan bantuan obat-obatan di lima Kabupaten tersebut. Dalam catatan kami ada 300- 500 KK korban banjir yang sudah menerima bantuan," pungkasnya. ***