KAMPAR, GORIAU.COM - Hari pertama pelaksanaan manasik haji tingkat Kabupaten Kampar berjalan lancar, aman dan kondusif. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar Drs H Fairus MA didampingi Kepala Subbag Tata Usaha H Muhammad Hakam MAg, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah H Dirhamsyah SAg dalam acara Manasik Haji hari Selasa (26/8/2014) di Masjid Jami' Al-Ihsan Markaz Islami Kabupaten Kampar.

Fairus mengatakan, skenario Manasik haji Kabupaten Kampar Tahun 1435 H /2014 M ini di bagi menjadi dua bagian, yakni Paket Umrah dan Paket Haji. Untuk Paket Umroh ini seluruh jemaah Calon Haji (JCH) Miqatnya di Mesjid Jami’ Al-Ihsan Markaz Islami Kab. Kampar (Bir Ali) sebagai Miqat Makaninya, kemudian memakai pakaian Ihram, Sholat sunat Ihram dan niat untuk umroh. Kemudian JCH berjalan kaki per rombongan menuju lapangan Pelajar Bangkinang (Masjidil Haram) dalam keadaan Ihram, kemudian Istirahat sejenak, dilanjutkan dengan tawaf Umroh, Sa’i, sampai selesai dan tahallul. Kemudian kembali ke Masjid Jami’ Al-Ihsan untuk istirahat, sholat, makan (Isoma) dan diadakan evaluasi oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kab. Kampar Dr H Mawardi Muhammad Sholeh LC MA.

Lebih lanjut Fairus mengatakan, untuk Skenario Manasik haji bagian kedua (Paket Haji) diadakan esok pagi tanggal 27 agustus 2014, yang mana nantinya seluruh JCH langsung berkumpul dilapangan Pelajar Bangkinang sebagai Miqat Zamani, pada tanggal 8 Zulhijjah hari Tarwiyah dalam persiapan menuju lapangan Arafah dengan pakaian ihram dan membaca Talbiyah yang dipandu oleh karu dan Karom untuk melaksanakan wukuf dengan kegiatan-kegitan yang telah ditentukan. Setelah selesai melaksanakan seluruh rentetan kegiatan manasik, seluruh JCH kembali ke Masjid Jami’ Al-Ihsan untuk istirahat, sholat , makan (Isoma) dan diadakan evaluasi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar Drs H Fairus MA serta acara pelepasan JCH Kab. Kampar oleh Bapak Bupati Kampar, jelas Fairus.

Sedangkan pada hari ketiga (tanggal 28 agustus 2014) akan diadakan pemberitahuan atau informasi terbaru seputar pelaksanaan Ibadah Haji yang langsung disampaikan oleh Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Riau bertempat di Masjid Jami’ Al-Ihsan Markaz Islami Kab. Kampar, tutup Fairus. (rls)