PEKANBARU- Meskipun perhelatan Pekan Olahraga Provinsi Riau tahun 2017 masih tergolong lama, namun berbagai persiapan sudah mulai dilakukan, termasuk pengajuan anggaran untuk merehabilitasi Venues yang sudah ada, maupun membangun Venues yang baru.

Dari 21 Venues yang dipersiapkan, 18 diantaranya adalah milik Pemerintah dan 3 Venues merupakan milik masyarakat atau swasta. Empat Venues baru yang akan dibangun adalah Lapangan Futsal di kawasan perkantoran Pemda Kampar, Venues Silat di Kecamatan Bangkinang, Venues Bola Voly Pasir di Kawasan Danau Rusa Koto Kampar dan Venues Atletik di kawasan Stadion Sport Center Bangkinang.

Informasi tersebut merupakan hasil rangkuman yang berhasil diperoleh GoRiau.com melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau, berdasarkan laporan panitia Porprov Kampar.

"Dari laporan sementara, memang ada sebagian Venues yang kondisianya layak dan baik, sebagian harus direnovasi, dan empat Venues dibangun baru," ungkap Ketua KONI Riau Emrizal Pakis, Senin (01/02/2016).

Berikut Daftar Persiapan 21 Lokasi/ Venues Porprov Riau 2017 di Kampar -

1. Atletik, pertandingan akan dilaksanakan di Stadion Tuanku Tambusai Bangkinang Kota. Serta direncanakan akan dibangun Stadion Atletik di Kawasan Sport Center Bangkinang.

2. Bola Basket, akan dilaksanakan di Makodim 0313-KPR Bangkinang Kota.

3. Bola Voli Indoor, akan menggunakan GOR sport center Bangkinang yang berlokasi di Kawasan Perkantoran Pemda Kampar, dengan kapasitas 1500 penonton.

4. Bola Voli Pasir, akan menggunakan lapangan di kawasan Danau Rusa XIII Koto Kampar, yang akan dibangun mulai pertengahan 2016.

5. Bulu Tangkis, akan menggunakan GOR Pasir Sialang Bangkinang dengan menggunakan tiga lapangan sekaligus.

6. Pencak Silat, akan menggunakan GOR milik SMPN 1 Bangkinang, dan rencana akan dibangun juga padepokan bela diri di Kecamatan Bangkinang.

7. Sepak Bola, babak penyisihan di Lapangan Bola Kaki Kuok, Stadiom Anggun-anggun Muara Uwai, Stadion PSHW Penyesawan Kecamatan Kampar. Untuk semifinal dan final dilaksanakan di Stadion Tuanku Tambusai Bangkinang Kampar.

8. Futsal, dilaksanakan di Lapangan Grand Adebe Bangkinang Kota, juga rencana dibangun lapangan baru di kawasan Perkantoran Pemda Kampar.

9. Sepak Takraw, akan berlokasi di GOR SMAN 1 Bangkinang.

10. Tenis Lapangan, akan menggunakan lapangan tenis Pelti Kampar Bangkinang Kota.

11. Tenis Meja, di GOr Bukit Indah Bangkinang Kota.

12. Taekwondo, di GOR Makodim 0313-KPR Bangkinang Kota.

13. Catur, dilaksanakan di aula Hotel Tiga dra atau Aula Taman Rekreasi Stanum.

14.Kempo, di Gedung Mahligai Bungsu Bangkinang Kota.

15. Karate, pertandingan akan dilaksanakan di Aula Batalyon 132 Bima Sakti Salo.

16. Tarung Derajat, di Aula Kantor Bupati.

17. Tinju, akan dilaksanakan di Komplek Tiga Dara atau Lapangan Merdeka.

18. Panjat Tebing, dilaksanakan di Arena Panjat Tebing yang akan dibangun di Taman Kota Bangkinang.

19. Dayung, akan diselenggarakan di Danau Rusa Koto Kampar.

20. Renang, akan dilaksanakan di Kolam Renang Indopura Stanum.

21. Balap Motor, di Sirkuit Sport Center Bangkinang Kota.

Untuk biaya sendiri secara keseluruhan baik dari mulai pembukaan, akomodasi, transportasi, penginapan dan lainya, Panitia menganggarkan sejumlah Rp96.945.560.000 (Sembilan puluh enam miliar sembilan ratus empat puluh lima juta lima ratus enam puluh rupiah). ***