RENGAT, GORIAU.COM - Tidak tahu apa maksud dan tujuannya, orang yang menamakan dirinya Rummykhan menghacker website yang dikelola Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Senin (10/11/2014) kemarin.

Beruntung, Website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Inhu dengan alamat www.ppid.inhukab.go.id itu dihacker tidak lebih dari 4 jam, sehingga website tersebut bisa dipulihkan kembali.

"Diduga orang itu merupakan haker internaasional yang berasal dari Pakistan. Beruntung kita punya tenaga IT, sehingga dalam waktu tidak kurang dari 4 jam, website PPID Kabupaten Inhu tersebut bisa kita pulihkan. Saat ini website itu telah normal kembali," ujar Kepala Bidang Informatika Dishubkominfo Inhu, Roma Doris, Rabu malam(12/11/2014) di Pematang Reba.

Roma menyebutkan, orang yang menamakan dirinya rummykhan itu tidak merubah tampilan pada website PPID terssebut. Ia hanya merubah id admin dan password menjadi nama rummykhan. Sehingga banyak pihak yang tidak mengetahui jika website tersebut telah di hacker.

Roma menduga, rummykhan menghacker website PPID Kabupaten Inhu karena merupakan salah satu website yang sering dikunjungi. Sebab di www.ppid.inhukab.go.id menyediakan sejumlah data yang dapat diakses public.

"Semenjak lauching beberapa waktu lalu, website tersebut memang sering dikunjungi dan untuk di Provinsi Riau, website PPID Kabupaten Inhu ratingnya paling tinggi. Dan sejauh ini tidak ada data-data di dalam website yang diubah oleh hacker tersebut," terangnya.

Dengan kejadian itu, pihaknya akan meningkatkan keamanan website, begitu juga dengan website resmi Pemkab Inhu dengan alamat www.inhukab.go.id yang juga dikelola Dishubkominfo Inhu, tegasnya.(jef)