RENGAT, GORIAU.COM - Warga Pangkalan, Kelurahan Pangkalan Kasai, Kecamatan Seberida, Indragiri Hulu (Inhu) harapkan pembangun jembatan baru, sebab jembatan yang dibangun tiga tahun yang lalu, kini kembali rusak parah.

Jembatan yang merupakan penghubung antara Jalan Pasar Rt 031 dengan warga Rt 021 Jalan Bandes, Kelurahan Pangkalan Kasai itu, saat ini rusak parah, papan jembatan itu banyak yang patah akibat lapuk, sehingga banyak menimbulkan korban.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Pakcik Denan, begitu orang memanggilnya, kepada GoRiau.Com, Senin (22/9/2014) menyebutkan, jembatan ini telah banyak memakan korban dan sudah selayaknya untuk diganti.

Dikatakannya, saat ini kondisi jembatan ini sudah sangat parah, bahkan lantai jembatan hanya tinggal tiga helai papan serta berlobang. Sementara tiang penyangga jembatan juga sudah miring.

Pakcik Denan menerangkan, tiga tahun lalu jembatan ini telah dilakukan perbaikan, namun entak kayu apa yang dipakai oleh kontraktor, tahannya hanya enam bulan. "Inilah kondisi jembatannya saat ini, sejak lima bulan terakhir, sudah lebih dari sepuiluh orang yang jatuh dari jembatan ini dan bahkan bersama sepeda motornya. Beruntung tidak ada yang meninggal dunia", tuturnya.

Masihkata Pakcik Denan, akibat jembatan ini rusak parah, jalan bandes yang sebelumnya sering dilintasi warga sebagai jalan alternatif, kini sudah sangat jarang ditempuh oleh warga dan kembali semak.

"Dengan demikian, kita berharap pada pemerintah daerah Inhu untuk dapat melakukan perbaikan jembatan tersebut. Diharapkan jembatan ini dibangun permanen bukan sekedar diperbaiki atau ganti papan", tukasnya.

Sementara itu, Tokoh Pemuda setempat, Deli, mengatakan, pihaknya sudah berulang kali mengajukan pembangunan jembatan baru ke Pemkab Inhu, namun selalu gagal. "Sudah beberapa kali diajukan perbaikannya, namun gagal. Maka dari itu, diharapkan untuk 2015 ini Pemkab Inhu bisa membangunnya dan mengawasi pembangunan tersebut semaksimal mungkin, agar hal yang sama sebelumnya tidak terulang lagi", tegasnya.(jef)