RENGAT- Dalam hal mencerdaskan kehidupan bangsa, guru dituntut untuk menjadi guru bagi Indonesia. Tugas dan tanggung jawab guru amat besar, hendaknya tanggung jawab ini tidak dipandang sebagai beban tapi sebagai kehormatan.

Demikian diungkapkan Pj Bupati Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) H Kasiarudin saat bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke 70 yang dilaksanakan di Halaman Kantor Camat Sei Lala, Rabu (25/11/2015).

Dihadapan ribuan guru dan pelajar yang tengah khidmat mengikuti jalannya upacara, Pj Bupati Inhu itu juga membacakan pesan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan yang ditujukan kepada para guru.

Hadir pada upacara peringatan HGN dan HUT PGRI tersebut, Plt Sekda Inhu Isdjarwadi, Kadis Pendidikan Inhu, Ketua PGRI Inhu, para pejabat dilingkungan Pemkab Inhu, pengurus PGRI se Kabupaten Inhu.

"Profesi guru meruakan profesi yang sangat mulia, dengan adanya guru bangsa ini bisa merdeka dan menjadi bangsa yang besar hingga saat ini. Maka dengan pengabdian guru yang tulus, akan mampu menciptakan generasi dan calon pemimpin yang berkualitas," ujarnya.

Maka dari itu, sesuai dengan pesan Mendikbud ini, diharapkan kepada seluruh guru yang ada di Inhu agar fokus melaksanakan pengabdian sebagai pendidik, sebab guru Indonesia adalah guru pembelajar, guru yang selalu hadir sebagai pendidik dan pemimpin bagi anak didiknya, tegas Pj Bupati Inhu itu.

Dengan demikian, atas nama Pemkab Inhu, dirinya sangat apresiasi dan atas semua pengabdian para Bapak dan Ibu selama ini. Dan selamat ulang tahun ke 70 untuk keluarga besar PGRI, tandasnya.

Usai pelaksanaan upacara, Pj Bupati Inhu dengan didampingi Plt Sekda Inhu, Kepala Dinas Pendidikan Inhu serta Ketua PGRI Inhu menyempatkan diri untuk memberikan hadiah kepada para pemenang turnamen bola voli, tenis meja dan sepak takraw yang digelar PGRI dalam rangka memperingati HUT PGRI ke-70 dan Hari Guru Nasional Tahun 2015.***