RENGAT, GORIAU.COM - Peringatan hari Pahlawan yang jatuh pada hari ini, 10 November 2014, berlangsung khidmat di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Upacara dilaksanakan di halaman kantor bupati Inhu, Senin (10/11/2014).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Dandim 0302 Inhu Letkol Inf, Albert Panjaitan. Turut hadir Wakil Bupati Inhu, H Harman Harmaini, Sekda H Raja Erisman, Asisten, Staf Ahli, Sejumlah Kadis, TNI, Polri, Veteran, BUMD, BUMN dan para pegawai dillingkungan Pemkab Inhu.

Dalam amanatnya, Irup A Panjitan membacakan pidato Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa yang menyebutkan bahwa, "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah dan para pahlawannya".

Kemerdekaan Indonesia merupakan kemerdekaan yang diraih dengan perjuangan, tetesan keringat dan air mata serta tumpahan darah para pahlawan yang berperang melawan penjajah.

Dengan demikian, para generasi penerus bangsa dalam hal ini pemuda untuk bisa melanjutkan cita-cita pahlawan dengan semangat patriotisme demi meraih dan mempertahankan kemerdekaan yang telah dicapai ini.

Selain itu sebutnya, dihrapkan warga menghargai jasa para pahlawan dan menjadikan pahlawan sebagai panutan kesetiakawanan sosial bahwa semangat juang para pahlawan yang tanpa pamrih maupun motivasinya. ''Mari tanamkan semangat juang para pahlawan dalam diri kita masing-masing,'' tukasnya.

Setelah pelaksanaan upacara, Wakil Bupati Inhu, H Harman Harmaini bersama FKPD yang lain melanjutkan upacara penghormatan dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Indra Bhakti Pematang Reba.

Saat upacara penghormatan itu, Dandim 0203 Inhu, Letkol Inf A Panjaitan juga bertindak sebagai Irup.(jef)