RENGAT,GORIAU.COM - Merasa tidak mendapat perhatian sejak tiga tahun terakhir dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu), pengurus Organisasi Kepemudaan (OKP) dan pengurus DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Inhu silaturahmi dan temu ramah dengan Penjabat (Pj) Bupati Inhu H Kasiarudin. Bertempat di ruang rapat Bupati Inhu, Selasa (18/8/2015) siang tadi.

Pada kesempatan itu, masing-masing pengurus OKP memanfaatkan momen tersebut untuk menyampaikan keluhan mereka yang sudah tiga tahun lamanya tidak tidak mendapatkan pembinaan dari Pemkab Inhu.

"Sejak tiga tahun terakhir, OKP yang ada tidak pernah mendapat perhatian dan dukungan dari pemerintah Inhu, bahkan Pemkab Inhu tidak memberikan hak-hak organisasi, salah satunya terhadap KNPI. Terlebih pasca Musyawarah Daerah (Musda) KNPI Inhu pada bulan Desember 2013 lalu", ujar Ketua KNPI Inhu Supri Handayani kepada Pj Bupati Inhu, Selasa (18/8/2015).

 Meski demikian, sejauh ini DPD KNPI Inhu tetap melaksanakan kewajibannya dan membuktikan eksistensinya terdahap pembangunan kepemudaan di Kabupaten Inhu, sebut pria tambun yang akrap disapa Ando itu.

 Tidak hanya Ando, hal senada juga disampaikan seluruh ketua dan pengurus perwakilan masing-masing OKP yang hadir dalam pertemuan tersebut. Mereka mengeluhkan tidak adanya bantuan Pemkab Inhu sejak tiga tahun terakhir, akibatnya beberapa program pembangunan kepemudaan tidak berjalan sebagai mana mestinya.

 "Dengan demikian, kami berharap kepada Pj Bupati Inhu untuk bisa bersinergi dan membuka akses dengan pemuda untuk menjalankan kegiatan kepemudaan yang selama ini kurang berjalan ditengah-tengah masyarakat", ucap Mukhyar yang merupakan Sekretaris DPD II Ikatakan Pemuda Karya (IPK) Kabupaten Inhu.

 Tidak hanya OKP dan KNPI Inhu, pada kesempatan itu Pj Bupati Inhu H Kasiarudin juga menerima keluhan dari perwakilan mahasiswa yang ada di Inhu dan mahasiwa asal Inhu yang ada di Pekanbaru. 

 Seperti yang diungkapkan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indragiri Rengat, Asep Supriyanto. Ia mengaku bahwa selama ini hubungan Pemkab Inhu dengan berbagai organisasi kurang harmonis, termasuk dengan para mahasiswa. Hal itu dibuktikan dengan adanya penolakan terhadap beberapa orang mahasiswa STIE Indragiri yang akan melaksanakan magang disalah satu instansi Pemkab Inhu. 

 Menanggapi hal itu, Pj Bupati Inhu H Kasiarudin menyimpulkan bahwa dirinya memahami dengan kondisi pengurus KNPI dan OKP yang ada di Inhu. Dirinya berjanji akan membuka akses komunikasi antara Pemkab Inhu dengan pengurus KNPI dan seluruh OKP yang ada.

"Ini adalah pertemuan pertama, saya berharap kita terus menjalin komunikasi dan koordinasi dengan tujuan menjaga daerah dan membangun Kabupaten Inhu secara bersama", ujarnya.

Yang lalu sudah terjadi, sekarang saatnya melangkah kedepan. Pemkab Inhu instansi terkait dalam hal ini Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudsata) akan tetap melakukan pembinaan terhadap organisasi kepemudaan. "Informasi yang saya dapat dana hibah untuk KNPI Inhu sudah di SK kan, gunakanlah dana tersebut dalam menjalankan program kepemudaan", tegasnya.

Tampak hadir pada temu ramah tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Inhu H Asriyan, Kepala Disporabudsata Inhu Armansyah, Kadis Pendidikan Inhu H Ujang Sudrajat, Kabag Humas Setda Inhu Jawalter, Kabag Hukum dan Ortal Inhu Rizal Fainani serta perwakilan dari Badan Kesbangpol Inhu.(jef)