RENGAT,GORIAU.COM - Dalam rangka menyelesaikan persoalan terkait tapal batas antara Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dengan Kabupaten Kuantan Singingi, Komisi I DPRD Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menjadi mitra kerja komisi I, lakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuantan Singingi.

"Kunker penentuan tapal batas ini dipimpin wakil ketua DPRD Inhu, Adila Ansori, didampingi Komisi I, Hamdani, bersama anggota. Selain itu, Sekwan dan sejumlah SKPD terkait turut hadir dalam acara tersebut", ujar Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setkab Inhu, H Hendry Yasnur, Jum'at (27/2/2015) via selulernya dari Teluk Kuantan.

Dikatakan Hendry, Kunker DPRD Inhu bersama rombongan disambut langsung oleh Bupati Inhu, H Sukarmis bersama pejabat terkait. Saat membicarakan persoalan tapal batas kedua daerah, suasana sangat akrab.

Dalam pertemuan itu, saling disepakati untuk penuntasan tapal batas Kabupaten Inhu dengan Kabupaten Kuantan Singingi. Bahkan, sebelum ada penetapan tertulis, masing-masing pihak sepakat untuk turun ke titik yang ditentukan dan hasilnya akan dilakukan pencocokan dengan data yang ada dilapangan.

Dari data itu, nantinya masing-masing pihak dapat menyampaikan alasan dan dasar yang kuat tentang tapal batas tersebut. Hal ini mengacu kepada Perda nomor 10 tahun 1994 tentang RTRW Provinsi Riau. Akan tetapi, ketika ada perbedaan data hasil turun lapangan tersebut, baru akan dilakukan turun bersama antara kedua belah pihak.

"Turun atau peninjauan lapangan oleh masing-masing pihak ini akan dilakukan dalam waktu dekat ini",sebut mantan Kabag Humas Setda Inhu itu.

Masih katanya, diantara tapal batas kedua daerah ini yang belum tuntas, terdapat didaerah Kecamatan Batang Peranap Inhu dengan Desa Pucuk Rantau, Kuantan Singingi. Selain itu, di Desa Pesajian Inhu dengan Desa Setiang, Kuantan Singingi, Desa Silunak Inhu dengan Pulau Jambu Kuantan Singingi serta di Batang Peranap Inhu dengan Kecamatan Cerenti Kuantan Singingi.

"Pada empat titik ini nantinya yang akan menjadi sasaran untuk dilacak oleh tim masing-masing daerah. Untuk menindak lanjuti Kunker kali ini, Pemkab Kuantan Singingi dalam waktu dekat juga akan melakukan Kunker ke Pemkab Inhu guna mencocokan data hasil masing-masing tim yang turun kelapangan", jelas Hendry.(jef)