RENGAT,GORIAU.COM - Tampil pada hilir hari pertama iven pacu jalur tingkat nasional di Tepian Narosa Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, 17 dari 25 jalur asal Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melaju ke hari kedua, Jumat (21/8/2015).

Informasi yang berhasil dihimpun GoRiau.Com dari salah seorang tim oficial Inhu, Kamis (20/8/2015) malam, dari 17 jalur utusan Kabupaten Inhu yang melaju ke hari kedua itu, 3 diantaranya jalur asal Desa Danau Baru, Kecamatan Rengat Barat.

"Tiga jalur asal Desa Danau Baru itu adalah, Untung Bertuah, Zarafi dan Kala Jengking", ujar Abdul Razak salah seorang tim oficial jalur Desa Danau Baru kepada GoRiau.Com, Kamis malam (20/8/2015) via selulernya.

Disebutkan Razak, jalur Untung Bertuah menang atas Dewa Ruci Arung Samudera asal Pulau Sipan, Kecamatan Inuman, sementara jalur Kala Jengking menang atas Pulau Bertuah asal Desa Tambak Inhu dan sedangkan jalur Zarafi menang atas Ratu Gelombai asal Benai, Kuansing.

"Jika ada 17 jalur asal Inhu yang terus melaju pada hari kedua, itu artinya ada 8 jalur utusan Kabupaten Inhu yang tersisi pada hilir hari pertama ini, salah satu. diantaranya jalur Pulau Bertuah asal Desa Tambak yang dikalahkan Untung Bertuah", jelasnya.

Namun, dirinya mengaku tidak mengetahui semua nama-nama jalur asal Inhu yang gugur tersebut. "Saya tidah hafal semua nama jalur Inhu yang gugur itu. Dan yang pastinya, kami bertekat akan kembali mengulang sejarah untuk menjadi juara pada pacu jalur tahun 2015 ini. Kami akan ukir kembali sejarah itu", pungkasnya.

Untuk diketahui, pada iven pacu jalur tahun 2013 lalu, jalur Untung Bertuah asal Desa Danau Baru berhasil menumbangkan jalur punggawa tuan rumah Siposan Rimbo asal Desa Pauh Angit, Kecamatan Pangean pada partai final pacu jalur di lintasan pacu tepian Narosa Teluk Kuantan.(jef)