RENGAT,GORIAU.COM - Saat ini, tingkat kejahatan dengan berbagai macam modus di wilayah hukum Polres Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) kian meningkat, mulai dari curanmor, curat hingga peredaran narkoba. Seperti yang dialami oleh Wanli warga jalan Veteran nomor 44 Rengat ini.

Yang mana, Toko Komputer X2 miliknya ludes setelah dibobol maling, Selasa (13/1/2015) dini hari kemarin. Akibatnya, ratusan laptop dan handphone dari berbagai merk ludes, sehingga korban diperkirakan menelan kerugian ratusan juta rupiah.

"Dalam menjalankan aksinya, para pencuri itu masuk ke toko tersebut dengan cara membobol pintu bagian belakang toko. Sebelum beraksi, pelaku diduga telah mengetahui bahwa pintu depan toko memiliki alaran dan kode kunci, sehingga pelaku masuk dari pintu belakang. Namun aksi pencuri itu terekam oleh kamera pengintai (CCTV)", ujar Kapolres Inhu, AKBP Ari Wibowo melalui Iptu Yarmen Djambak, Rabu (14/1/20/2015) via pesan elektroniknya.

Dikatakan Yarmen, kejadian itu baru diketahui pada Selasa (13/1/2015), ketika dua orang karyawati toko atas nama Desti Herlina (20) dan Yunita (24) akan membuka toko tersebut. Namun saat dibuka, kedunya dikejutkan oleh kondisi toko yang berantakan.

"Sebelumnya, dua orang karyawati toko tersebut meminta kunci pada orang tua korban bernama Herlina, namun saat dibula oleh Desti dan Yunita, kondisi toko telah berantakan. Melihat hal itu, keduanya langsung melaporkan kepada, Wanli", sebutnya.

Begitu diperiksa, Wanli, menemukan toko dalam keadaan berantakan dan beberapa laci meja dalam keadaan terbuka, serta ratisan barang berharga miliknya seperti laptop dan handphone telah raib. Begitu korban memeriksa pintu belakang toko, ternyata ditemukan dalam keadaan terbuka dan rusak. Bahkan ruangan bagian belakang yang biasa dijadikan gudang sudah dalam keadaan berantakan, terang Yarmen.

Dari hasil pemeriksaan sementara, korban mengalami kerugian sekitar Rp300 juta dalam berbentuk barang. Diantaranya, 25 unit laptop daro berbagai merk, 22 unit handphone Samsung, 10 unit handphone Oppo, 1 unit Blackberry Z3, 3 unit Blackberry Amstrong, 35 unit Zenfone 5", 8 unit Zenfone 6", 12 unit Zenfone 4", 24 handphone Advan, 3 unit tablet Axio 7", 3 unit tablet Acer Liquid, 2 unit Apple Iphone 4G, 3 unit Apple Iphone 5 dan 1 unit Apple Iphone 5S, terangnya.

"Saat ini, Kejadian pencurian dengan kekerasan (cutar) itu telah ditangani pihak Polres Rengat dan telah dilakukan olah TKP serta pemanggilan saksi-saksi. Kasus ini dimuat dalam berkas laporan, LP/04/2015/Riau/Res Inhu (Curat)", tukas Yarmen.(jef)