RENGAT,GORIAU.COM - Setelah menuai kritikan dan protes dari puluhan legislator yang bercokol di DPRD Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), akhirnya Pj Bupati Inhu H Kasiarudin melakukan penggantian Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Inhu dari H Agus Rianto kepada Isdjarwadi yang saat ini juga menjabat sebagai Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Inhu.

 Hal itu diketahui ketika Isdjarwadi hadir dalam rapat Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Inhu, Senin (21/9/015).

Hal itu diperjelas oleh Ketua DPRD Inhu Miswanto yang membacakan langsung Surat Perintah Bupati Inhu yang telah menunjuk Isdjarwadi SE MT sebagai Plt Sekda Inhu terhitung mulai tanggal 21 September 2015 hingga 21 Desember 2015.

"Semenjak penetapan ini, saya bersama anggota TAPD akan fokus pada pembahasan APBD, baik itu APBD Perubahan 2015 maupun RAPBD Inhu 2016", sebut Isdjarwadi saat dikonfirmasi wartawan di Gedung DPRD Inhu, Senin (21/9/2015).

 Menanggapi hal itu, Anggota Fraksi Hanura Deari Zamora yang juga anggota Banggar DPRD Inhu sangat mendukung keputusan Pj Bupati Inhu H Kasiaruddin tersebut.

Meski masa jabatan H Agus Rianto sebagai Plt Sekda Inhu berakhir pada tanggal 4 November 2015 mendatang, namun tindakan Pj Bupati Inhu melakukan pergantian Plt Sekda tersebut adalah tindakan yang benar. Sebab, penunjukan H Agus Rianto sebagai Plt Sekda Inhu sesuai surat perintah Bupati Inhu H Yopi Arianto tertanggal 31 Juli 2015 lalu dinilai cacat hukum.

 "Saya yakin dan percaya bahwa penunjukan H Agus Rianto sebagai Plt Sekda adalah cacat hukum, sebab dalam surat perintah Bupati Inhu menunjuk Isdjarwadi sebagai Plt Sekda tertanggal 21 September 2015 menyebutkan bahwa surat perintah Bupati Inhu tertanggal 31 Juli 2015 lalu yang ditandatangani H Yopi Arianto dinyatakan tidak berlaku lagi," tukasnya tegas.

Seperti diberitakan sebelumnya, puluhan anggota DPRD Inhu mendesak Pj Bupati untuk melakukan penggantian H Agus Rianto sebagai Plt Sekda Inhu. Bahkan, jika permintaan tersebut tidak ditanggapi, mereka mengancam tidak akan membahas APBD Perubahan tahun 2015 dan RAPBD Inhu tahun 2016.(jef)