RENGAT,GORIAU.COM - Setelah beberapa kali Presiden Joko Widodo gagal ke Provinsi Riau, pada hari Jumat dan Sabtu (9-10/10/2015) mendatang, Jokowi kembali dikabarkan akan berkunjung ke Riau guna memantau langsung kondisi kabut asap yang saat ini menyelimuti daerah itu, termasuk Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Jadwal kunjungan kerja Presiden RI itu tidak hanya ke Provinsi Riau, melainkan juga ke Provinsi Jambi dan Sumbar. Diperkirakan, Presiden Joko Widodo akan melintas di wilayah Inhu dari Provinsi Jambi sebelum bertolak menuju Provinsi Sumatera Barat menggunakan jalur darat untuk menutup kegiatan Tour De Singkarak 2015.

Dengan demikian, guna mempersiapkan segala sesuatunya, Penjabat (Pj) Bupati Inhu H Kasiarudin bersama anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan SKPD terkait, langsung menggelar rapat persiapan kunjungan kerja Presiden tersebut, Rabu (7/10/2015).

"Benar, baru saja kita menggelar rapat persiapan dengan Forkopinda dan SKPD terkait kunjungan kerja Presiden Joko Widodo tersebut, karena dikabarkan rombongan Presiden itu akan melintas di Inhu setalah dari Jambi," ujar Pj Bupati Inhu H Kasiarudin di kantornya.

Meski demikian, hingga sore ini, Rabu (7/10/2015), pihaknya mengaku belum bisa memastikan terkait jalur mana yang akan dilintasi rombongan Presiden Jokowi itu. "Ini belum finasl, akan tetapi kita harus siap-siap dulu. Sejauh ini kita masih menunggu konfirmasi," jelas Pj Bupati Inhu itu.

Diungkapkan Pj Bupati Inhu itu, persiapan yang dilakukan adalah terkait berbagai hal yang dibutuhkan Presiden dan rombongan, termasuk areal bekas yang terbakar yang saat ini telah dilakukan pembuatan kanal bloking serta pelayanan kesehatan terhadap korban kabut asap di Puskesmas maupun rumah sakit, tadasnya.

Hadir pada rapat tersebut, Kapolres Inhu AKBP Ari Wibowo SIK, Dandim 0302 Inhu Letkol Inf Edison S Sinabutar, Kepala Kejari Rengat yang diwakili Kasi Pidsus, Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Inhu Isdjarwadi, Manajer PLN Area Rengat Armunanto, para pejabat dilingkungan Pemkab Inhu dan perwakilan dari BMKG.

Hebatnya lagi, saat rapat berlangsung hujan deras mengguyur wilayah Inhu, sehingga mampu membuat kabut asap semakin menipis.(jef)