RENGAT- Bertempat di Aula Kantor Badan Perencana Pembangunan Daerah dan Peneliti Pembangunan (Bappeda Litbang) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Jalan Lintas Timur ,Pematang Reba, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kabupaten Inhu menggelar pelatihan jurnalistik bagi PNS dilingkungan Pemkab Inhu, Selasa (17/11/2015).

Selain diikuti oleh ratusan pegawai, kegiatan itu juga dihadiri Forkopimda, seperti Kejaksaan Negeri (Kejari) Rengat, Pengadilan Negri Rengat, Kodim 0302 Inhu, PLN, Bank Riau Kepri dan Bagian Humas Setda Inhu. Acara pelatihan dibuka langsung oleh Staff Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Jasmadi Jus.

Sedangkan sebagai narasumber, Ketua PWI Riau H Deni Kurnia dan Sekretasi PWI Riau Eka Putra dan Hakim Ketua Bidang Organisasi PWI Riau.

Ketua panitia pelaksana Asripiliadi dalam laporannya menyampaikan bahwa, pelatihan jurnalistik dan penulisan pres rilis ini merupakan guna peningkatan mutu PNS dalam melakukan pengelolaan website yang ada pada instansi masing-masing.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan pra pelantikan ketua dan pengurus PWI Cabang Inhu yang akan dilaksanakan pada, Selasa (17/11/2015) malam ini, singkatnya melaporkan.

Dalam pada itu, Ketua PWI Inhu Kasmedi dalam sambutannya menyebutkan bahwa, pelatihan ini merupakan sebagai tindak lanjut dari keberhasilan Bagian Humas Setda Inhu dalam meraih prestasi sebagai humas terbaik kedua secara Nasiaonal.

Tujuan pelatihan ini juga untuk mempermudah SKPD dalam membuat rilis berita, baik terkait kinerja maupun kegiatan yang ada pada masing-masing dinas. Dan ini tentunya akan mempermudah jalinan kerjasama dalam hal pemberitaan.

"Jika setiap SKPD sudah bisa membuat sebuah rilis berita, tentu tidak perlu lagi mencari wartawan untuk menginput suatu berita, tinggal dikirim ke email media yang dituju atau dimuat di masing-masing website dinas terkait," singkat Kasmedi.

Sementara itu, Ketua PWI Riau H Deni Kurnia dalam arahannya menerangkan bahwa, PWI dilahirkan oleh para tokoh wartawan dan tokoh nasional sejak 70 tahun silam. Dasar pendiriannya adalah Undang-undang.

"Organisasi Wartawan yang ada sekita 27 organisasi, sedangkan yang terdaftar di Dewan Pers atau yang lulus verifikasi hanya ada 3 organisasi, yaitu Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalistik Independent(AJI) dan Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI)," jelasnya.

Dengan demikian, pihaknya menghimbau kepada rekan-rekan wartawan yang ada, khususnya di Inhu untuk dapat bergabung dengan organisasi wartawan yang sudah lulus verifikasi. "Organisasi ini penting, sehingga mari bergabung dengan organisasi yang telah lulus veripikasi ditingkat Dewan Pers," pungkasnya.***