RENGAT,GORIAU.COM - Bupati Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), H Yopi Arianto menggelar pertemuan dengan para Kepala Sekolah se Kecematan Batang Gangsal dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Kecamatan Batang Gansal, Jumat (6/3/2015) di Aula Dinas Pendidikan Inhu.

Pertemuan itu bertujuan untuk mendengarkan langsung permintaan seluruh kepala sekolah dalam upaya percepatan pelaksanaan pembangunan bidang pendidikan di Kecamatan Batang Gansal. Hasil pertemuan itu nantinya akan disingkronkan dengan hasil Musrenbang tingkat kecamatan itu serta akan dibawa keforum Musrenbang tingkat Kabupaten Inhu untuk pelaksanaan pembangunan di tahun 2016 mendatang.

Bupati Inhu, H Yopi Arianto, dalam arahannya menegaskan kepada masing-masing sekolah agar membuat daftar usulan kebutuhan dalam satu berkas tertulis di lengkapi dengan profil sekolah dan foto kondisi terkini.

Dari usulan tersebut, nantinya akan dipelajari dan disingkronkan dengan hasil pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan beberapa waktu lalu. Nantinya, usulah yang akan direalisasikan tentunya akan mengacu pada skala prioritas. "Dengan demikian, saya tekankan kepada seluruh kepala sekolah dan guru dapat melaksanakan tugas dengan baik dan tidak terpengaruh dengan berbagai isu yang dapat memecah belah", tegasnya.

Ditambahkan Yopi, selain bersumber dari pemerintah, pihaknya juga akan melibatkan peran perusahaan swasta dalam merealisasikan pembangunan dibidang pendidikan di Kabupaten Inhu. "Pembangunan harus terus dilaksanakan demi kepentingan masyarakat", tutupnya.

Sebelumnya, Kepala UPT Dinas Pendidikan Batang Gansal, Jafri, mengungkapkan bahwa hampir seluruh sekolah yang ada di Kecamatan Batang Gansal mengalami kekurangan tenaga guru, terutama guru yang berstatus PNS. Baik itu setingkat SD, SMP dan SMA sederajat.

Selain itu, beberapa sekolah sekolah juga kekurangan ruang kelas, sehingga pada saat melaksanakan proses belajar mengajar, pihak sekolah terpaksa memberlakukan dua shift karena jumlah pelajar yang setiap tahunnya terus meningkat.

Tidak itu saja, pihaknya juga mengharapkan adanya pembangunan gedung pertemuan, sehingga kegiatan-kegiatan guru dapat dilakukan di gedung tersebut. "Untuk Kecamatan Batang Gansal, saat ini terdapat 21 SD, 5 SMP, 2 MTS, 1 SMA dan 1 SMK. Sementara jumlah guru yang berstatus PNS di tingkat SD yaitu sebanyak 75 orang dari yang dibutuhan yaitu 215 guru. Sementara untuk tingkat SMP, jumlah guru PNS hanya 24 orang dari yang dibutuhkan yaitu 125 orang guru", pungkasnya menjelaskan.

Ungkapan kepala UPT Dinas Pendidikan itu juga diperkuat oleh sejumlah kepala sekolah yang hadir. Dari usulan yang mereka sampaikan, pada umumnya berharap adanya penembahan jumlah guru khususnya yang berstatus PNS serta meminta pengajuan jumlah ruang kelas baru (RKB), serta peningkatan sarana dan prasarana lainnya.(jef)