RENGAT,GORIAU.COM - Untuk membebaskan anggotanya dari jeratan Narkoba, sejak beberapa hari lalu, Kapolres Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), AKBP Ari Wibowo, instruksikan seluruh personilnya untuk menjalani tes urine. Hal ini merupakan upaya Polres dalam melakukan pembinaan kepada seluruh personil agar terhindar dari yang namanya narkoba.

"Beberapa waktu lalu, kita telah melakukan tes urine personil yang ada dilingkungan Polres Inhu. Hal ini merupakan salah satu program pembinaan yang diberikan kepada seluruh personil", ujar Kapolres Inhu, AKBP Ari Wibowo kepada wartawan, Senin (26/1/2015) disela-sela acara pelatihan kader ketahanan pangan di Aula Makodim 0302 Inhu.

Dari hasil pemeriksaan urin tersebut, ditemukan 15 personil Polres yang positif mengkonsumsi narkoba. Saat ini 15 personil itu tengah menjalani pembinaan khusus seperti mereka saat pendidikan sebelum jadi polisi. Selain itu, selama dalam pembinaan, personil yang positif mengkonsumsi narkoba juga dibekali ilmu agama, sebutnya.

"Personil yang positif narkoba, untuk satu bulan kedepan akan kita lakukan pembinaan. Sehingga setelah pembinaan selesai mereka tidak lagi mengulangi perbuatannya", tegasnya.

Ditambahkannya, usai menjalani pembinaan, 15 personil tersebut akan dikembalikan bertugas seperti sebelumnya dan akan dilakukan pemantauan serta pengawasan yang serius. Namun, jika mereka kembali terbukti terlibat narkoba, maka akan ditindak tegas bahkan akan diajukan pemecatan.

"Bagi saya tidak ada toleransi bagi siapa saja personil yang terlibat narkoba, apalagi setelah mendapat peringatan dan menjalani pembinaan", pungkasnya tegas.(jef)