RENGAT,GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu), Riau, gelar panen raya padi sawah dilahan kelompok tani Bernai Desa Baturijal Barat, Kecamatan Peranap, Minggu (11/1/2015).

Kegiatan panen raya ini, merupakan upaya Pemkab Inhu untuk memacu para petani padi sawah dalam meningkatkan ketahanan pangan daerah serta menjadikan padi sebagai sumber pendapatan masyarakat khususnya para petani.

Bupati Kabupaten Inhu, Yopi Arianto, dalam sambutannya menyebutkan, sub sector tanaman pangan khususnya komoditas padi mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam membangun perekonomian daerah. Untuk itu, upaya pengembangan padi sawah ini tentunya harus ditingkatkan.

"Saat ini sawah telah berperan sebagai penyedia pangan untuk ketahanan pangan daerah, penyediaan lapangan kerja dan sumber pendapatan masyarakat menuju kesejahteraan dan Kecamatan Peranap merupakan salah satu kecamatan yang sangat potensial untuk pengembangan tanaman pangan terutama padi sawah", ujarnya.

Ditambahkan Bupati, saat ini Pemkab Inhu tengah mengupayakan peningkatan produksi dan produktivitas padi untuk ketahanan pangan daerah dengan melaksanakan program pembangunan disektor pertanian melalui 5 lajur, seperti peningkatan indeks pertanaman (IP) dari 1 kali tanam menjadi 2 kali tanam dalam setahun, melaksanakan rehabilitasi sawah terlantar (RST), melaksanakan cetak sawah Baru (CSB), pengembangan sri organic padi sawah.

Selain itu, ditahun ini Pemkab Inhu juga akan kembali membangun infrastruktur pertanian dan penyerahan bantuan alat pertanian secara bertahap. Dengan harapan, kedepannya Inhu akan mampu memenuhi kebutuhan pangan daerah dari sektor padi atau beras tanpa harus mendatangkan dari luar daerah seperti saat ini, sebutnya.

"Sasaran tanam padi sawah di Kabupaten Inhu untuk tahun 2015 ini adalah seluas 4.229 hektar. Sedangkan sararan panen yaitu seluas 3.808 hektar dengan sasaran produksi sebesar 14.884 ton", tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan TPH) Inhu, Rahmat SP, sekaligus pelaksana panen raya menyebutkan, kegiatan pertanian padi di Kecamatan Peranp dimulai dari tahun 2011 dengan luas lahan yang minim. Namun seiring waktu, saat ini luas lahan persawahan telah mencapai 178 hektar.

Sebagai sarana penunjang keberhasilan para petani, pihaknya telah merencanakan pembangunan irigasi diareal persawahan tersebut. Sedangkan untuk peralatan pertanian, ditahun2015 ini Pemkab Inhu melalui Distan TPH telah menganggarkan pengadaan Handtraktor sebanyak 50 unit yang nantinya akan diserahkan kepada beberapa kelompok tani sawah, termasuk yang ada di Kecamatan Peranap, tukasnya.

Selain Bupati Inhu, hadir pada acara panen raya tersebut, Sekda Inhu, Asisten, Kadis, Kaban, Kakan, serta pejabad dilingkungan Distan TPH Inhu. Sebelum acara panen raya, Bupati Inhu juga menyerahkan bantuan alat pertanian berupa Handtraktor kepada kelompok tani Bernai Desa Baturijal Barat dan kelompok tani Alur Panjang Desa Baturijal Hulu serta menggelar dialog langsung dengan para petani guna mendengarkan keluh kesa para petani tersebut.(jef)