RENGAT, GORIAU.COM - Masyarakat Kelurahan Pematang Reba menghadiri acara syukuran khataman Al -Qur'an bagi para santri yang telah menyelesaikan hafalan juz 30. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu, 22 Februari 2015 pukul 20.00 wib yang ditaja oleh Rumah Qur’an Insani yang terletak di Balam Kelurahan Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat.

Acara diawali dengan penampilan Fauzan, salah satu santri binaan rumah quran yang berusia 4 tahun dengan membaca hafalan qur'an juz 30.

Hadir dalam acara tersebut, Lurah Pematang Reba, Suta Rama Atmaja,S.P. Dalam sambutannya, Suta mengapresiasi berdirinya Rumah qur'an insani dan semoga dapat menanggulangi kenakalan remaja yang sangat meresahkan akhir -akhir ini dan mengajak masyarakat untuk mendukung dan mensukseskan program yang dilaksanakan agar keberadaannya tetap eksis berjalan ditengah-tengah masyarakat.

Selain itu acara ini juga diisi dengan tausiyah dari Kyai Muhammad Mursyid,M.Pd.I pimpinan pondok pesantren Khairul Ummah. Dalam tausiyahnya beliau mengajak hadirin yang hadir untuk menerapkan nilai - nilai al quran dalam kehidupan sehari - hari dengan kembali pada al - qur'an salah satunya dengan ikut belajar di rumah qur'an karena berdirinya rumah qur'an di indragiri hulu khususnya kecamatan Rengat Barat merupakan keberkahan tersendiri bagi masyarakat sekitar.

Pengasuh rumah qur'an Ustadz Rahmat Kuntoro,S.Sos.I menjelaskan bahwa Rumah Quran Insani sendiri merupakan wadah belajar ilmu agama dan al - qur'an diantaranya belajar tajwid dan tahfidz dimulai selesai shalat maghrib menjelang isya, serta setoran hafalan bagi para remaja pada minggu pagi dan ada kajian fiqih ibadah pada jum'at malam, dan ini terbuka untuk umum dari anak - anak, remaja dan orang tua. Pada pagi hari ada taman penitipan anak yang berbasis qur'an.

Dan ini juga sejalan dengan program pemerintah yang mencanangkan kegiatan maghrib mengaji dan semoga dengan acara syukuran ini masyarakat dapat tergugah dan dapat mengikuti kegiatan - kegiatan rumah qur'an insani kedepannya ujar beliau mengakhiri. (wa)