RENGAT, GORIAU.COM - Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH)Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menargetkan tahun 2014 produksi padi atau gabah kering giling (GKG) sebanyak 20.000 ton.

"Pada tahun ini, kita menargetkan produksi GKG sebesar 20.000 ton, hal ini diatas target yang diberikan oleh Dinas Pertanian TPH Provinsi Riau yang hanya menargetkan sebesar 16.000 ton", ujar Kadis Pertanian Inhu, Rahmat, Sp, M.Si, Selasa(11/2/2014) di kantornya.

Rahmat mengatakan, pada tahun 2013 kemaren, produksi GKG di Kabupaten Inhu sudah mencapai 15.000 ton, jumlah ini melebihi dari target, yakni sebesar 13.000 ton.

Sedangkan untuk tahun 2012 lalu, produksi GKG di Inhu hanya 11.000 ton, pencapaian ini dibwah target, yakni sebesar 12.000 ton.

Dengan demikian tambah Rahmat, di tahun 2014 ini Distan opimis mencapat target tersebut, namun hal itu tentu harus didukung oleh semua pihak serta sarana dan prasana yang ada.

Seperti, pembimbingan terhadap kelompok tani, pemberian bibit unggul dan irigasi yang memadahi.

"Bagi kelompok tani pemula, kita akan memberikan bantuan benih, sedangkan kelompok tani mandiri, kita tinggal memberikan penyuluhan dan tim akan mendampingi", tukas Rahmat.

Sementara itu, ketika dikonfirmaasi tentang apa saja kendala petani sawah yang dikeluhkan mereka pada Dinas Pertanian, Rahmat menyebukan, yakni pembangunan dan perbikan sarana irigasi.

"Hal itu disampaikan petani ke kita pada waku acara Musrenbang beberapa waku yang lalu, yakni dibeberapa kecamatan masyarakat meminta pembangunan dan perbaikan irigasi, seperti di Kecamatan Kuala Cenaku, Rengat Barat, Rengat, Rakit Kulim, Peranap, Batang Peranap, Kelayang dan Sei Lala", pungkas Rahmat.

(jef)