RENGAT, GORIAU.COM - Atlet Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Rio Purnama sumbangkan satu medali emas dari cabang olahraga (Cabor) panjat tebing yang dilaksanakan di venue Wall Climbing Porprov VIII Riau, komplek kantor Bupati Inhu, Rabu (15/10/2014).

Putra kelahiran Bengkalis 25 tahun lalu itu adalah atlit pertama yang berhasil meraih medali emas pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Riau di Kabupaten Inhu.

"Pada nomor Speed Word Record perseorangan putra, Rio berhasil mencatat waktu tercepat dalam pemanjatan, yakni 10,22 detik", ujar Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Inhu, Elja Septa Rima melali Sekretarisnya, Reza Arya, Rabu (15/10/2014).

Dikatakan Reza, selain Rio, dua atlet panjat tebing Inhu lainnya, yakni  Sucipto dan Andre Andika Ramadhan meraih medali perunggu bersama dalam nomor lomba panjat tebing tersebut. Sementara, medali perak diraih atlet Kabupaten Bengkalis, Ade Nandra yang berhasil mencatat waktu  14,03 detik.

Sedangkan untuk nomor lomba Speed Word Record perseorangan Putri, medali emas diraih atlit Pekanbaru atas nama Melia Sekar Wangi. Untuk medali perak juga diraih atlet Kota Pekanbaru atas nama Sri Rahmadani, sementara medali perunggu diraih Irawati Marisa atlet asal Kabupaten Indragiri Hilir.

Reza menjelaskan, cabor panjat tebing ini menyiapkan 24 medali emas dengan 24 nomor lomba yang akan diperebutkan. Sementara cabor ini diikuikuti 10 kabupaten/kota dengan jumlah atlit sebanyak 133 atlet, jelasnya.(jef)