RENGAT, GORIAU.COM - Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tampil sebagai juara umum cabang olahraga (cabor) Taekwondo pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Riau Tahun 2014 di GOR Buana Sakti, Air Molek, Kecamatan Pasir Penyu. 

Dari 19 medali emas yang diperebutkan pada cabor itu, tuan rumah berhasil meraih 12 medali. Yaitu, 8 emas, 1 perak dan 3 perunggu.

Keluarnya Inhu sebagai juara umum cabor Taekwondo ini setelah tiga alet unggulan Inhu berhasil meraih medali emas, masing-masing Priyo Dwi Kurniawan yang turun di kelas under 87 kg putra, Sy Zulia Vitasari dikelas under 62 kg putri dan Mella Mayasari di kelas under 67 kg putri dihari terakhir.

Sedangkan diperingkat dua diduduki Kota Pekanbaru dengan meraih 12 medali. Yaitu 5 emas, 2 perak dan 5 perunggu. Disusul Kabupaten Siak dengan meraih 13 medali, 3 emas, 2 perak dan 8 perunggu.

Sementara Kampar meraih 12 medali. Yaitu 2 emas, 4 perak dan 6 perunggu. Bengkalis meraih 6 medali. Yaitu 1 emas, 3 perak dan 2 perunggu. Rohul meraih 8 medali. Yaitu 4 perak dan 4 perunggu.

Untuk Kabupaten Pelalawan meraih 5 medali. Yaitu 1 perak dan 4 perunggu. Inhil meraih 4 medali. Yaitu 1 perak dan 3 perunggu. Kuansing meraih 2 perunggu dan Rohil meraih 1 perunggu.

Ketua Pengcab Taekwondo Indonesia Kabupaten Inhu, Said Dedi Candra mengaku bangga dan bersyukur karena Kabupaten Inhu berhasil meraih juara umum di cabor Taewondo Porprov VIII Riau. Prestasi ini melebihi dari target yang ditetapkan sebelumnya yakni 7 emas.

“Alhamdulillah ini merupakan buah dari pembinaan yang kita lakukan selama ini. Prestasi ini merupakan yang terbaik selama keikutsertaan Kabupaten Inhu pada Porprov Riau. Sebab pada Porda VII di Kabupaten Inhil, Taekwondo Inhu hanya meraih 1 emas,” ujarnya.

Said Dedi Candra menambahkan, 8 atlet yang mampu meraih emas tersebut selanjutnya akan memperkuat Taekwondo Riau pada pra kualifikasi PON XIX Jawa Barat. Ia berharap atlet-atlet Inhu tersebut mampu lolos ke PON dan mempersembahkan yang terbaik bagi Provinsi Riau. “Kami berharap dukungan semua pihak sehingga pembinaan yang kita lakukan dapat terus berjalan hingga mampu melahirkan atlet berprestasi,” ujarnya.(jef)