RENGAT, GORIAU.COM - Cabang olahraga (cabor) Panjat Tebing Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke VIII Riau di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Tahun 2014 mulai dipertandingkan, Rabu (15/10/2014). Bertempat di Venue Wall Climbing, Komplek Kantor Bupati Indragiri Hulu, Jl. Indragiri Pematang Reba. 

Cabor Panjat Tebing tersebut secara resmi dibuka oleh Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Provinsi Riau, Agustaruddin yang ditandai dengan pemasangan point pada Wall Climbing. Turut hadir Wakil Ketua KONI Provinsi Riau Zulkifli Saleh, Ketua KONI Inhu H Sunardi Ibrahim, Ketua Bidang Pertandingan Porprov VIII Riau Armansyah, Ketua FPTI Inhu Elja Septa Rima dan perwakilan cabor Panjat Tebing yang ikut serta pada Porprov VIII Riau 2014.Ketua Bidang Pertandingan Porprov VIII Riau 2014, Armansyah mengungkapkan cabor Panjat Tebing akan diikuti 8 kabupaten/kota. Yakni Kabupaten Inhu, Inhil, Rohul, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Pekanbaru dan Meranti.

Sedangkan atlet yang mengikuti adalah sebanyak133 orang yang terdiri dari 71 atlet putra dan 62 atlet putri. Cabor ini akan dilaksanakan selama 11 hari. Yaitu dari 15-25 Oktober 2014 dengan memperebutkan 24 medali dari 24 nomor yang dipertandingkan, termasuk kategori Spider Kid putra dan putri.

Sementara itu, Ketua FPTI Riau, Agustaruddin mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Inhu yang telah membangun venue Wall Climbing dan memasukkan Panjat Tebing sebagai salah satu cabor yang dipertandingkan pada Porprov VIII Riau.

“Ini merupakan yang kedua kalinya cabor Panjat Tebing dipertandingkan pada Poprov Riau. Sebelumnya telah di laksanakan pada Porda VI di Bengkalis dan kedua di Porprov VIII Riau Kabupaten Inhu ini,” jelasnya.

Agustaruddin menambahkan untuk meraih prestasi di cabor Panjat Tebing dibutuhkan kecerdasan, kekuatan otot dan keberuntungan. "Saya berharap atlet bertanding secara sportiv dan kedepan mampu berprestasi mewakili Riau pada tingkat nasional dan internasional", tutupnya.

Selain itu, pembukaan pertandingan Panjat Tebing juga dimeriahkan eksebisi pemanjatan oleh atlet Panjat Tebing Riau Ihsan yang masih berusia 5 tahun. Meski gagal melintas sampai puncak Wall Climbing, namun penampilan Ihsan cukup memukau penonton dan atlet yang hadir.(jef)