RENGAT,GORIAU.COM - Betempat di halaman upacara Kantor BUpati Indragiri Hulu (Inhu), Penjabat BUpat Inhu H Kasiarudin lepas keberngkatan 229 orang Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Inhu, Senin (31/8/2015). Pelepasan JCH tersebut ditandai dengan prosesi tepung tawar.

Hadir pada acara tersebut Ketua DPRD Inhu Miswanto, Forkopinda Inhu, para pejabar eselon II,III dan IV, ketua forum haji Inhu, tokoh masyarakat serta ribuan pihak keluarga jemah.

Usai ditepung twari, 229 JCH asal Inhu itu langsung berangkat menuju Pekanbaru menggunakan bus. Setelah bermalam di Pekanbaru, pada Selasa (1/9/2015) pagi, rombongan akan berangkat ke Madinah mellui Ebarkasi Batam.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Inhu, H Abdul Kadir dalam sambutannya menyampaikan bahwa,JCH asal Inhu tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) IX Embarkasi Batam bersama JCH asal Kota Pekanbaru dan Kampar.

Dari 229 JCH jelas Abdul Kadir, 103 jemaah laki-laki dan 126 jemaah perempuan. Sedangkan JCH tertua berusia 84 tahun atas nama Sarjono dari Kecamatan LIrik dan JCH termuda 24 tahun atas nama Sania asal Kecamatan Rengat.

Sementara itu, Pj Bupati Inhu H Kasiarudin menyebutkan bahwa, keberangkatan JCH merupakan anugerah dan karunia Allah yng patut disyukuri. Karena masih banyak orang yang menunggu mendpatkan kesempatan untuk berangkat, bahkan mereka gagal berangkat.

"Maka saya berharap kepada seluruh jemaah agar eluruskn niat menunaikan ibadah semata-mata hanya karena Allah, bukan untuk memperoleh pujian apalagi hanya sekadar untuk meningktkan derajat dan status sosial ditengah-tengah msyarakat", ujarnya.  

Selain itu, antar sesama jemaah hendaknya dpat membangun rasa kasih sayang dan semangat kebersamaan, perkuat persaudaraan, persatuan, solidaritas dan saling menghormati. Jaga nama baik daerah tampillah sebagai sosok haji indonesia yang santun dan berakhlakul karimah. "Selamat bagi para jemah, semoga mendpat peringkt haji yang mabrur dan kembli ketnah air dengn selmat", pungksnya.(jef)