RENGAT, GORIAU.COM - Berdasarkan peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 2 Tahun 2015 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Walikota dan Wakil Walikota, KPU Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) gelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait tata cara pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) 2015.

Bertempat di Aula Kantor KPU Inhu, Rabu (8/7/2015), Bimtek dan Sosialisasi itu diikuti oleh 12 pimpinan partai politik (Parpol) yang ada di Inhu. Tampak hadir, Asisten Administrasi dan Pemerintahan H Asriyan, Ketua IDI Inhu dr Ibrahim dan Ketua Panwas Inhu Mulya Santoni.

''Sosialisasi dan Bimtek ini bertujuan untuk mensosialisasikan tahapan pengumuman pendaftaran pasangan calon kepala daerah Inhu yang akan dimulai pada 14-25 Juli 2015. Pengumuman pendaftaran pasan calon tersebut akan kita lakukan melalui pemasangan spanduk dan pemasangan pengmuman dibeberapa media massa cetak,'' ujar Ketua KPU Inhu Muhammad Amin didampingi Komisi Sosialisasi Dwi Apriyansah Indra, Rabu (8/7/2015) di Kantor KPU Inhu.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/08072015/2jpg-2721.jpgKetua KPU Inhu (baju merah) Muhammad Amin SE saat memaparkan PKPU dihadapan para pimpinan Parpol.Disebutkan Yayan, untuk masa pendaftaran pasangan bakal calon akan dibuka pada tanggal 26-28 Juli 2015. Sedangkan masa pemeriksaan kesehatan akan dilakukan pada 26 Juli hinggan 1 Agustus 2015. Khusus pemeriksaan kesehatan, pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati tersebut akan dilakukan di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru.

''Setelah pasangan calon melakukan pendaftaran, masa perbaikan persyaratan pencalonan kita beri waktu selama 3 hari, yakni dari tanggal 4 hingga 7 Agustus 2015. Dan dilanutkan dengan penetapan pasangan calon pada 24 Agustus 2015,'' terangnya.

Untuk pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon, dijadwalkan pada 25-26 Agustus 2015. Sedangkan mulai dari tanggal 27 Agustus hingga 5 Desember 2015 mendatang adalah hari atau masa kampanye bagi pasangan calon yang menjadi calon tetap Bupati dan Wakil Bupati Inhu 2015.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/08072015/3jpg-2720.jpgAsisten Administrasi dan Pemerintahan Inhu H Asriyan M.Si terlihat seksama mengikuti sosialisa dan bimtek yang digelar KPU Inhu.Untuk diketahui sambung Yayan, pada masa pendaftaran pasangan calon nanti, pihaknya mengemas dengan tema ''Mengantar Belanje'', yang artinya memakai pola antar belanja dari pengantin pria ke rumah pengantin wanita yang lazim digunakan dalam adat melayu.

"Kita hidup dan tinggal dibumi melayu, maka kita mencoba mengkolaborasikan pola antar belanja ini dengan para pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Inhu pada saat mendaftar ke KPU nanti", pungkasnya. (jef)